Jangan Menunda Kehamilan [thehealthsite.]

Jangan Menunda Kehamilan

PinkKorset.com – Di jaman modern, banyak perempuan menunda keinginan untuk memiliki anak.

Semakin lama, perempuan menunda kehamilan sampai mereka berumur lebih tua. Jumlah kaum perempuan yang menjadi ibu pun meningkat ke usia 35 tahun dan terus beranjak lebih tua.

Konsultan ginekolog di London Gynecology Narendra Pisal mengatakan, saat muda, kebanyakan perempuan berharap bisa aman secara finansial dan memiliki pasangan dan hubungan yang bahagia, sebelum memiliki anak.

Hal ini karena keinginan untuk bepergian, mengejar karir, memiliki rumah, tampaknya makin sulit diwujudkan bila sudah memiliki bayi.

Perempuan  dan laki-laki pun membutuhkan waktu lebih lama untuk mapan dalam hubungan jangka panjang. Apalagi karir kian menjadi perhatian penting bagi perempuan.“Dengan adanya prioritas seperti rumah dan keamanan finansial, berarti perempuan menunda memiliki anak.”

Namun, tidak banyak orang menyadari efek usia pada fungsi ovarium dan kesuburan.

“Banyak perempuan  tidak sadar bahwa kesuburan mulai turun cukup cepat sejak usia 35 tahun dan pada usia 42 tahun, kemungkinan untuk hamil menjadi lebih rendah.”

Meskipun hal ini tidak sama untuk semua perempuan, karena ada beberapa yang mengalami penurunan kesuburan sebelum usia tersebut.

Menurut Narendra, dengan menunda kehamilan, maka potensi perempuan untuk memiliki anak akan berkurang.

Pada saat bersamaan, risiko komplikasi, seperti keguguran dan kelainan kromosom, juga meningkat seiring dengan kehamilan dan persalinan yang kompleks dan berisiko tinggi.