Jangan Simpan Telur di Pintu Kulkas [google]

Jangan Simpan Telur di Pintu Kulkas

PinkKorset.com – Wadah khusus telur di pintu kulkas ternyata bukan tempat ideal untuk menyimpan sumber protein tersebut.

Vlatka Lake dari Space Station mengungkapkan, rak di pintu kulkas bukanlah tempat yang tepat untuk menyimpan telur.

Telur yang disimpan di pintu kulkas akan terpapar perubahan suhu mendadak, karena pintu sering dibuka tutup. Akibatnya, telur akan lebih cepat busuk.

Lalu, dimana sebaiknya menyimpan telur?

Vlatka Lake menuturkan, ada perdebatan sengit tentang bagaimana telur harus disimpan. Ada yang menyarankan di kulkas, yang lain mengatakan di lemari dapur.

Seperti diketahui, kebiasaan menyimpan telur di kulkas sebenarnya jarang ditemui orang Eropa. Namun, telur memang disarankan disimpan di tempat bersuhu kurang dari 20 derajat celsius untuk menjaga kesegarannya.

Konsensus umum pun menyebutkan, telur sebaiknya disimpan di kulkas, tetapi bukan di rak di bagian pintu. Telur sebaiknya disimpan di rak kulkas bagian dalam yang suhunya relatif lebih konstan dan terjaga.

Hal ini menegaskan pernyataan Sara Benwell, penulis di Good Housekeeping pada Mei lalu. Menurutnya, telur lebih aman kalau disimpan di suhu yang bisa terjaga. Saat itu, Ia merekomendasikan untuk menyimpan telur di dalam kotak dan menaruh di rak tengah dalam kulkas.

British Egg Information Service juga menyarankan agar menyimpan kotak telur jauh dari makanan berbau kuat lainnya, karena cangkang telur berpori. Bahkan, untuk menghindari segala kemungkinan kontaminasi, disarankan untuk menjauhkan telur dari daging mentah.

Bagi Anda yang suka membuat olahan dari telur, sebaiknya mengeluarkan telur dari kulkas 30 menit sebelum memprosesnya. Hal ini untuk mencegah agar kulit telur tidak retak karena perubahan suhu yang tiba-tiba.