Spesies Kepiting Baru Bernama Severus Snape [Pensoft]

Spesies Kepiting Baru Bernama Severus Snape

PinkKorset.com – Spesies kepiting yang baru ditemukan, diberi nama seperti karakter Harry Potter.

Kepiting bertubuh kuning pucat dengan mata serupa manik-manik ini diberi nama Harryplax severus. Penamaan tersebut merupakan bentuk penghormatan pada Profesor Severus Snape, karakter dalam serial Harry Potter karya J.K. Rowling.

Mengapa Severus Snape?

Ahli biologi National University of Singapore, Jose Mendoza dan Peter Ng mengatakan spesies kepiting baru tersebut dinamakan Severus, sesuai dengan kisah Profesor Severus Snape di Harry Potter, yakni menjaga salah satu rahasia paling penting.

“Seperti halnya spesies baru yang menghindar untuk ditemukan hingga hari ini, hampir 20 tahun setelah hewan tersebut pertama kali dikumpulkan,” ujarnya dalam laporan penelitian di jurnal ZooKeys.

Adapun nama severus dalam Bahasa Latin berarti “keras”. Hal ini menggambarkan kerja keras Harry Conley, penemu spesimen hewan itu pada 1998 dan 2001 di bawah puing-puing karang mati di sepanjang pesisir Guam, pulau di barat Samudra Pasifik.

Ketika Conley meninggal dunia pada 2002, sampel-sampel miliknya diserahkan pada ahli biologi Gustav Paulay, yang kemudian menyerahkannya pada Peter Ng, ahli taksonomi kepiting.

Kedua kepiting tak biasa tersebut belum pernah dideskripsikan secara resmi sebagai spesies baru hingga bertahun-tahun kemudian, ketika Ng dan Mendoza akhirnya menyadari bahwa kepiting tersebut mewakili genus baru.

H. severus adalah spesies kedua dari keluarga kepiting Christmaplacidaer, dan merupakan yang pertama ditemukan di Samudra Pasifik.

Sedangkan nama genusnya, Harryplax, tak hanya mengacu pada Harry Potter, tetapi juga mengabadikan nama Harry Conley dalam catatan ilmiah.

“Nama itu diberikan sebagai penghormatan atas kemampuannya yang luar biasa dalam mengumpulkan makhluk-makhluk langka nan menarik, seakan ia menggunakan sihir,” pungkas Mendoza.

[Sumber: National Geography]