Kebiasaan Sehat Ini Picu Diabetes [dreamstime]

Kebiasaan Sehat Ini Picu Diabetes

PinkKorset.com, Jakarta – Tidak semua rutinitas sehat melindungi Anda dari diabetes, misalnya saja kebiasaan yang satu ini.

Penelitian yang dipublikasi jurnal Nitric Oxide menemukan orang yang rutin berkumur dengan obat kumur (mouthwash) dua kali sehari berpotensi 50% menjadi diabetes maupun prediabetes ketimbang orang sekali atau tidak menggunakan obat kumur.

Peneliti mengungkap, obat kumur membunuh semua bakteri dalam rongga mulut, termasuk bakteri baik yang membantu proses metabolisme tubuh. Bakteri baik ini mengubah nitrat menjadi nitrit di dalam mulut. Kemudian nitrit diubah menjadi oksida nitrat di dalam saluran cerna.

Oksida nitrat (NO) adalah molekul penting untuk mengatur metabolisme, keseimbangan energi dan kadar insulin tubuh. Sementara insulin membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah. Bila hormon ini terganggu dapat menimbulkan diabetes tipe 2.

“Sebagian besar bahan antibakteri obat kumur tidak selektif membunuh bakteri,” ucap peneliti sekaligus profesor epidemiologi Harvard School of Public Health, Kaumudi Joshipura, ScD dilansir Prevention.com baru-baru ini.

Bahan-bahan antibakteri obat kumur termasuk chlorhexidine, triclosan, cetylpyridinium chloride, alkohol, essential oil, fluoride dan peroxide.

Ketidakseimbangan nitrit dalam tubuh juga menimbulkan masalah kesehatan lain.

Sebuah studi pada 2013 menemukan, obat kumur dapat menurunkan produksi nitrit pada mulut seseorang hingga 90% dan menurunkan kadar nitrit darah hingga 25%. Pergeseran kadar nitrit ini menyebabkan lonjakan tekanan darah. Kondisi ini dapat memicu penyakit lain seperti serangan jantung, stroke, gangguan ginjal dan sindrom metabolik.