Kiat Sukses Pesta BBQ [hvzwartwit]

Kiat Sukses Pesta BBQ

PinkKorset.com – Apakah Anda sering kecewa dengan hasil bbq? Bisa saja kesalahan ini dilakukan tanpa Anda sadari.

Kendati Anda sudah menyiapkan daging berkualitas dan bahan-bahan mahal tetapi pesta daging panggang alias bbq bisa saja berujung kekecewaan. Memang daging segar berkualitas dan bumbu-bumbu tepat dapat memberikan bbq nikmat. Tapi semua itu percuma bila Anda masih melalkukan beberapa kesalahan selama memasak.

Kesalahan pertama yang sering dilakukan yakni memanggang daging di atas besi panggangan kotor. Kondisi ini membuat daging panggang Anda menempel pada besi panggangan. Anda bisa membersihkan panggangan sebelum dan sesudah menggunakan panggangan dengan sikat kawat.

Anda juga perlu memanaskan panggangan sebelum digunakan. Setidaknya panaskan panggangan selama 10 menit. Besi panggangan yang panas mencegah makanan lengket dan memberikan tekstur renyah di luar serta lembuh di dalam. Jangan lupa untuk mengoles besi panggangan dengan minyak sayur agar tidak lengket.

Membumbui dan merendam daging, ayam maupun ikan sangat penting. Selain menghasilkan daging panggang lebih kaya rasa, rendaman bumbu dan rempah (marinade) mengandung antioksidan untuk mengurangi bahaya senyawa karsinogen selama pemanggangan.

Sebelum memanggang sebaiknya masak daging di kedua sisi di atas wajan datar hingga sedikit kecokelatan. Cara ini bertujuan mecegah daging bbq tidak cepat hangus dan tidak mudah kering.

Selama memanggang daging penutup panggangan tidak perlu terlalu banyak dibuka agar bbq cepat matang. Jika panggangan Anda menggunakan arang dapat dibuka sesekali untuk menambah oksigen agar bara api tetap menyala.

Setelah daging matang tempatkan pada piring saji dan bukan piring bahan mentah. Menempatkan daging matang di piring bahan mentah menyebabkan kontaminasi silang penyebab keracunan makanan.