Magic Jar Picu Diabetes [audigrid]

Magic Jar Picu Diabetes

PinkKorset.com, Jakarta – Ternyata sering menyantap nasi dari magic jar, magic com, rice warmer atau rice cooker dapat memicu diabetes tipe 2 hingga kanker.

Modernisasi telah mengubah kebiasaan memasak para ibu. Bila dahulu memasak nasi dengan memasak beras setengah matang (mengaron) dilanjutkan mengukus dan mendinginkan nasi. Kini cara tersebut tidak populer karena repot dan menguras  waktu.

Kini hampir setiap rumah memasak nasi menggunakan magic jar karena alasan praktis dan selalu tersedia nasi hangat. Namun, siapa sangka cara modern ini memicu diabetes tipe 2.

Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS mengatakan, memasak beras dan menghangatkan nasi di magic jar memecah molekul pati (karbohidrat) menjadi lebih kecil sehingga meningkatkan indeks glikemik (IG).

“Indeks glikemik tinggi mempercepat peningkatan glukosa (gula) dalam darah,” katanya kepada PinkKorset di Jakarta, Rabu (4/1/2017).

Nilai IG nasi panas lebih tinggi ketimbang nasi dingin. Peningkatan gula darah secara cepat membutuhkan insulin dalam jumlah tinggi dan memberatkan kerja pankreas. Bila kondisi ini terjadi tanpa diimbangi asupan serat dan olahraga menyebabkan obesitas dan diabetes.

Bila Anda terkena diabetes bukan  tidak mungkin menimbulkan kanker.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Prof. Aru Wisaksono Sudoyo Sp.PD, KHOM, FINASIM, FACP menambahkan, risiko terkena kanker pada pasien diabetes lebih besar ketimbang tanpa diabetes.

“Ini disebabkan faktor risiko terjadinya diabetes (tipe 2) dan kanker itu sama,” ucapnya.

Faktor risiko tersebut antara lain obesitas, kurang olahraga, kadar gula dan lemak dalam darah tinggi. Diabetes dan kanker ini juga terkait jumlah lipid (lemak) tubuh dan insulin.

“Lipid berlebih memacu resistensi insulin yang dapat menjadi growth factor sel kanker,” ucap Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Kendati belum ditemukan bukti ilmiah pemicu kanker, tetapi munculnya penyakit ini membutuhkan waktu panjang antara 10-20 tahun.