Mahasiswa RI Raih Summa Cumlaude di Hungaria

PinkKorset.com – Anak bangsa yang berprestasi di tanah orang sungguh membanggakan. Seperti mahasiswa satu ini yang meraih summa cumlaude dari sebuah universitas di Hungaria.

Mahasiswa bernama Dodik Setiawan Nur Heriyanto ini menjadi penerima gelar PhD bidang hukum pertama di Universitas Debrecen dengan predikat summa cumlaude, yang ia terima pada 19 April 2017.

Dodik mempertahankan disertasi berjudul ‘Scope and Effect of the Immunity Principles in International Private and Business Law’ di hadapan komite sidang yang diketuai Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Debrecen, Prof. Dr. Bencze Matyas.

Salah satu anggota Komite Sidang, Dr. Habil Mezei Peter PhD yang seorang Associate Dean Fakultas Hukum Universitas Szeged mengatakan, Dodik berhasil membuktikan argumen dalam disertasinya. Ia memenuhi kriteria dan persyaratan mendapatkan gelar.

“Disertasi Dodik akan sangat bermanfaat. Tak hanya bagi praktisi hukum dan akademisi, namun juga bagi para pejabat pemerintahan,” kata Dr. Habil, dalam siaran pers dari KBRI Budapest.

Seluruh anggota komite sepakat memberikan gelar PhD kepada Dodik dan menyarankan agar disertasi tersebut dapat diterbitkan dalam bentuk buku.

Dubes RI untuk Hungaria Wening Esthyprobo ikut menghadiri sidang yang terbuka itu. ia menyampaikan rasa bangganya dapat menghadiri peristiwa bersejarah ketika anak bangsa mengukir prestasi.

“Saya berharap Dodik dapat mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia dengan karya-karyanya. Semoga peristiwa ini dapat menjadi penyemangat bagi teman-teman mahasiswa lainnya yang sedang belajar di Hungaria,” kata Dubes Wening.