Manfaat Salam Tempel Saat Lebaran [eidiyah]

Manfaat Salam Tempel Saat Lebaran

PinkKorset.com – Membagikan uang kepada anak-anak saat Lebaran menjadi salah satu tradisi yang ditunggu-tunggu sebagian masyarakat Indonesia.

Ya. Berbagi uang saat lebaran, yang dikenal dengan fitrah atau salam tempel, memang menjadi momen paling dinantikan anak-anak.

Selain dari sanak saudara, mereka juga biasanya mendapatkan salam tempel setelah silaturahim ke para tetangga.

Namun, apa sih sebenarnya manfaat dari salam tempel saat Lebaran tersebut?

1. Berbagi kebahagiaan dan rejeki

Setelah berpuasa sebulan penuh, berkumpul bersama keluarga besar adalah momen yang tak tergantikan. Idul Fitri adalah hari yang membahagiakan umat muslim, termasuk anak-anak.  Jadi mengapa tidak menyisihkan sebagian rejeki jika bisa membuat senyum mereka semakin mengembang?

2. Meneruskan tradisi

Tidak diketahui sejak kapan tradisi membagikan salam tempel  Lebaran ini muncul di Indonesia. Namun, tradisi ini diperkirakan mulai tersebar, bersamaan masuknya agama Islam dari Arab. Terutama karena masyarakat Arab mempunyai tradisi memberi salam tempel , yang disebut Eidiyah. Setelah melaksanakan salat Ied, mereka berkumpul di masjid, saling bersalam dan memberi hadiah.

3. Memotivasi anak bersilaturahim

Tidak dipungkiri, anak-anak mudah bosan dan lelah saat diajak bersilaturahmi. Selain bisa mengakrabkan suasana, adanya salam tempel tentu bisa menambah semangat mereka, bukan?

4. Mewujudkan keinginan anak

Setiap anak pasti memiliki keinginan yang belum sempat terwujud. Di momen hari raya ini, adanya salam tempel  bisa membantu mereka merealisasikannya. Entah untuk membeli mainan, komik, atau untuk keperluan lain.

5. Mengajarkan mengelola keuangan

Disinilah peran orangtua dibutuhkan, yakni mengajarkan anak cara mengelola keuangan. Dengan adanya salam tempel, Anda bisa mengarahkan anak untuk membelanjakan uang dengan bijak, berderma atau menyimpannya di tabungan. Mengajarkan anak untuk menabung sejak usia dini akan membentuk perilaku bijaksana anak dalam hal keuangan saat ia dewasa.

6. Mengajar anak untuk bersyukur dan berterimakasih

Manfaat lain yang tidak kalah penting dari salam tempel  lebaran adalah mengajar anak untuk bersyukur. Mereka akan terbiasa mengucapkan terima kasih saat menerima pemberian orang lain dan ini bisa berlanjut dalam keseharian mereka.