Mengapa Kulit Wajah Kendur Saat Tua? [qefes]

Mengapa Kulit Wajah Kendur Saat Tua?

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak hal yang berubah pada wajah Anda ketika mulai memasuki usia senja.

Tanpa disadari umur bertambah bentuk, struktur dan kontur wajah ikut berubah. Bentuk wajah terlihat seperti segitiga terbalik ketika Anda muda. Artinya tulang pipi lebih tinggi dan tulang rahang lebih kokoh. Namun, bertambah usia bentuk wajah justru menyerupai segitiga seakan seluruh otot wajah melorot.

Dokter estetika dan anti-aging DH Clinic, dr. Haekal Yassier Anshari, M.Biomed (AAM) menjelaskan, saat muda kondisi tulang, lemak subkutan dan otot kompak serta kokoh menopang wajah agar terlihat seperti segitiga terbalik. Namun, ketika Anda tua tulang wajah memipih dan tidak dapat menopang otot wajah, volume otot menurun serta distribusi lemak tidak merata.

“Kontur wajah menjadi tidak rata dan kurang bervolume, khususnya area bawah mata dan pipi,” ucapnya saat media gathering DH Clinic di Jakarta, Senin (30/1/2017).

Selain itu, penuaan wajah diikuti dengan munculnya kulit tipis, kering dan flek hitam. menurut dr. Haekal kondisi ini disebabkan penyusutan beberapa komponen penting pada wajah yang umumnya terjadi pada umur 30 tahun ke atas.

“Bertambah umur jumlah kolagen, hyaluronic acid dan pembuluh darah vaskuler semakin menurun,” katanya.

Kolagen dan hyaluronic acid merupakan komponen alami tubuh yang berguna menjaga elasisitas kulit dan mempertahankan kadar air agar wajah bervolume. Sementara pembuluh darah vaskuler mengalirkan nutrisi yang dibutuhkan sel-sel pada wajah. Komponen tersebut berada dalam kondisi optimal saat Anda berusia 20 tahun.