Mengapa Perempuan Butuh Tidur Lama? [remede]

Mengapa Perempuan Butuh Tidur Lama?

PinkKorset.com – Ternyata perempuan membutuhkan waktu tidur lebih lama ketimbang laki-laki yang disebabkan beberapa hal.

Menurut peneliti, Anda membutuhkan waktu tidur tambahan 20 menit agar pulih dari stres dan ketegangan pada hari tersebut. Namun, tetap memastikan tidur berkualitas setiap malam agar tetap sehat.

Lama tidur yang dibutuhkan remaja perempuan 9-10 jam dan perempuan dewasa (26-64 tahun) cukup tidur selama 7-9 jam. Ada tujuh alasan perempuan memerlukan waktu tidur lebih lama daripada laki-laki.

Menghabiskan energi mental siang hari

Perempuan banyak menguras energi mental saat siang hari karena kecenderungan melakukan banyak tugas dalam satu waktu (multitasking). Tidur lebih lama dapat membantu mengembalikan kondisi psikis.

Menopause

Perempuan menopause juga perlu waktu tidur lebih lama karena mengalami hot flashes. Kondisi ini ditandai dengan panas sekujur tubuh, berkeringat dan jantung berdebar-debar pada malam hari. Masalah kesehatan ini merusak kualitas tidur Anda.

Menstruasi

Kualitas tidur juga terganggu saat memasuki masa menstruasi. Perubahan hormonal ini juga mengubah mood Anda.

Stres

Seringkali perempuan tidak mendapatkan tidur nyenyak akibat stres dari beragam masalah.

Fibromyalgia dan depresi

Perempuan yang mengalami sakit di sekujur tubuh yang bersifat kronik (fibromyalgia) dan depresi menderita masalah tidur.

Restless legs syndrome

Beberapa penelitian menyebutkan, perempuan berisiko tinggi mengalami masalah saraf yang selalu ingin menggerakkan kaki tanpa terkendali (restless legs syndrome). Kelainan ini merusak waktu tidur Anda.

Kehamilan

Ketika hamil, perempuan banyak mengalami gangguan tidur seperti kaki kram dan berkemih berkali-kali. Perubahan emosional dan fisik usai persalinan juga berdampak pada kualitas tidur.