Mengenal Penyu di Teluk Arab [Jumeirah]

Mengenal Penyu di Teluk Arab

PinkKorset.com – Tahukah Anda ada dua spesies penyu di perairan Abu Dhabi?

Penyu telah lama dikenal sebagai bagian penting dari budaya Arab. Dengan penurunan populasinya yang cukup drastis, tak heran bila hewan ini dilindungi oleh undang-undang.

Ada dua spesies penyu laut di perairan sekitar Abu Dhabi. Pertama, Penyu Hawksbill, yang masuk dalam kategori ’kritis kepunahan’ karena hanya tersisa 8.000 betina di seluruh dunia. Lalu, Penyu Hijau yang masuk dalam kategori ’terancam punah’.

Penyu Hawksbill hidup di sekitar terumbu karang dan makan ubur-ubur, kerang kecil, ganggang dan ikan. Penyu ini menempuh perjalanan yang sangat jauh sepanjang hidup mereka, dengan panjang usia yang masih misterius. Sedangkan Penyu Hijau termasuk hewan herbivora yang suka naik ke darat untuk berjemur.

Salah satu hal paling menakjubkan yang bisa Anda lihat di Abu Dhabi adalah area Penyu Hawksbill di Pulau Saadiyat. Setiap tahun, ratusan penyu kecil bermuncul dari pasir dan mencari sendiri jalan ke air. Ini adalah saat yang berbahaya untuk bayi kura-kura, dengan banyak predator yang mencoba menangkap dan memakannya, termasuk burung laut.

Sedangkan di Dubai, tepatnya di ‘Al Muna enclosure’, dekat restoran Tortuga di Mina A’Salaam, Madinat Jumeirah, ada kegiatan khusus yang bisa Anda lakukan terkait penyu.

Disana, setiap hari Rabu pukul 11 pagi, pengunjung dapat memberi makan para penyu. Pengalaman berdurasi 20 menit ini sangat cocok bagi hiburan keluarga. Selain cuma-cuma, kegiatan ini tidak membutuhkan reservasi terlebih dahulu.

Penyu adalah spesies utama untuk konservasi lingkungan laut dan dilindungi hampir di sebagian besar dunia. Hal ini mengingat seluruh (tujuh) spesies penyu di seluruh dunia, berada dalam status rentan, terancam dan kritis terhadap kepunahan.

Untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai penyu dan kura-kura, serta mengajak masyarakat membantu hewan-hewan ini untuk bertahan hidup dan berkembang, American Tortoise Rescue pada tahun 2000 menetapkan 23 Mei sebagai Hari Penyu Dunia.