Operasi Zebra Digelar 1-14 November [mobil123]

Operasi Zebra Digelar 1-14 November

PinkKorset.com, Jakarta – Selama dua pekan di awal November 2017, tertib berlalu lintas diterapkan di seluruh Indonesia.

Pada Rabu, 1 November 2017, Operasi Zebra Tahun 2017 resmi digelar selama dua pekan di seluruh Indonesia.

Operasi Zebra 2017 kali ini bertajuk “Penegakan Hukum dan Meningkatkan Kesadaran Serta Kepatuhan Masyarakat Dalam Berlalu Lintas, Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Utamakan Keselamatan Untuk Manusia”.

Jajaran polisi lalu lintas dipastikan menindak para pengendara yang melanggar peraturan berkendara untuk memberikan efek jera. Hal ini untuk mendisiplinkan masyarakat, menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan.

Pada 2016, angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas berhasil turun 35%. Sedangkan tahun ini, angka kecelakaan ditargetkan dapat turun lagi 10-20%.

Dalam menindak para pelanggar lalu lintas, polisi akan menerapkan beberapa bentuk penindakan yakni peringatan dan mengeluarkan bukti pelanggaran (tilang).

Pelanggaran lalu lintas yang ditindak antara lain, berboncengan tiga orang, melawan arus, tidak pakai helm, tidak pakai sabuk pengaman, menerobos lampu merah, SIM habis masa berlaku, STNK habis masa berlaku, tidak menyalakan lampu di siang hari bagi pemotor.

Penggunaan rotator dan sirine pada sejumlah kendaraan pribadi yang bukan haknya pun akan ditindak.

Agar selamat sampai tujuan, tidak ada salahnya bukan, disiplin berlalu lintas. Jangan lupa pula untuk melengkapi atribut berkendara dan membawa surat-surat kendaraan bermotor.