Para Korban Serangan WannaCry [bluesnap]

Para Korban Serangan WannaCry

PinkKorset.com – Ransomware yang mengkhawatirkan kalangan digital ini menjadi topik pembahasan yang sedang hangat. Berikut mereka yang terkena serangan virus digital ini.

Mungkin Anda yang tak begitu perlu khawatir mengenai keamanan internet di rumah. Malware berjenis virus yang diduga berasal dari Korea Utara ini sudah mengincar pihak lebih besar yang mereka anggap lebih ‘berduit’.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut ribuan Internet Protocol (IP) di Tanah Air sudah menjadi korbannya. Tak hanya di ibukota, namun juga di sejumlah daerah. Para korban ini terdiri dari berbagai sektor.

Seperti perkebunan, manufaktur dan perbankan di daerah. Ia juga menerima laporan Samsat di Sulawesi terkena serangan. Meski begitu jumlah komputer yang terinfeksi di daerah tak banyak karena level server PC masih kecil.

Sebelumnya disebutkan dua rumah sakit besar di Indonesia menjadi korban WannaCry, yakni RS Harapan Kita dan RS Dharmais.

Di luar negeri, kabarnya Rusia menjadi sasaran terbesarnya. Salah satunya adalah bank sentral negara tersebut. Juga perusahaan kereta api nasional Jerman, Deutsche Bahn dan Kementerian Kesehatan Inggris (NHS).

Peretas yang menuntut sejumlah uang dalam bentuk bitcoin ini tak peduli dengan kepanikan dokter layanan gawat darurat di Inggris yang tak bisa menjalankan mesin sinar-x atau sebuah klinik kardiologi yang tak bisa melihat data pasien.

Pertanyaan pun timbul, apa kesamaan yang dimiliki para korban?