Pencernaan Bermasalah? Hindari Makanan Ini [gastrolondon]

Pencernaan Bermasalah? Hindari Makanan Ini

PinkKorset.com – Anda sebaiknya menahan mengonsumsi makanan ini ketika perut sakit agar tidak semakin parah.

Para dokter spesialisasi gastroenterologi atau pencernaan sepakat menyarankan Anda menghindari makanan maupun minuman ketika mengalami masalah perut kembung, diare dan sembelit.

Daging merah menjadi makanan pertama yang perlu dihindari. Bahan makanan ini sulit dicerna karena mengandung lemak lebih tinggi ketimbang biji-bijian maupun sayuran.

Sayuran yang satu ini untuk sementara harus Anda jauhi. Kale termasuk salah satu makanan super yang mampu menurunkan tekanan darah secara alami, seperti halnya bayam, quinoa dan brokoli. Tetapi sayuran ini mengandung serat tinggi yang juga membebani sistem pencernaan. Serat bukan termasuk gizi dan paling sulit dicerna.

Anda penggemar soda juga tampaknya harus ‘puasa’. Minuman ini mengandung gula tinggi yang menyebabkan lonjakan cepat kenaikan dan penurunan kadar gula darah serta insulin. Kondisi ini menyebabkan Anda cepat kenyang dan lapar. Kendati tersedia soda diet, tetapi dampak kandungan pemanis sintetik masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

Hindari pula minum susu hewani ketika Anda diare, kembung dan perut bergas. Sementara waktu, Anda dapat menggantinya dengan susu kedelai maupun almond. Begitu pula minuman probiotik yang mengandung bakteri baik perlu dihindari. Anda dapat mengonsumsi probiotik ketika bakteri usus seimbang yakni ketika saluran pencernaan tidak bermasalah.