Penipuan Tambang Emas Terbesar di Dunia [bbc]

Penipuan Tambang Emas Terbesar di Dunia

PinkKorset.com, Jakarta – Film Hollywood berjudul Gold terinspirasi peristiwa nyata sebuah penipuan tambang emas Bre-X di Indonesia.

Skandal penipuan perusahaan tambang emas asal Kanada, Bre-X ini bermula di Busang, Kalimantan Timur pada 1993. Perusahaan ini mengumumkan tambang dengan potensi kandungan emas mencapai 1,5-2 juta ton di lokasi tersebut.

Saham Bre-X laku keras hingga menembus harga C$192,50 per lembar saham di bursa saham Kanada, Alberta Stock Exchange pada April 1996. Padahal rentang 1989 hingga 1992 harga saham perusahaan ini rata-rata hanya 27 sen.

Kabar gembira ini seketika jadi ‘duka’ mendalam ketika peneliti tidak menemukan adanya emas di lokasi tambang tersebut. Kerugian para investor mencapai miliaran dolar Kanada tak terbendung.

Kisah Gold pun terlihat agak sama dengan peristiwa sesungguhnya. Film petualangan kriminal garapan sutradara Stephen Gaghan ini menceritakan pebisnis tambang, Kenny Walsh (Matthew McConaughey) yang bekerja sama pakar geologi Michael Acosta (Edgar Ramirez) mencari tambang emas di Indonesia.

Tidak mudah bagi mereka menemukan tambang emas di pedalaman hutan Kalimantan. Cuaca tidak bersahabat, konflik dengan pekerja tambang dan serangan penyakit malaria menghantui mereka.

Namun, perjuangan ini berbuah manis. Mereka berhasil menemukan cebakan alias galian tambang dengan kandungan emas berlimpah. Kabar tersebut tersiar ke Amerika Serikat. Perusahaan milik Kenny, Washoe Mining Corporation menjadi incaran banyak investor termasuk pesaingnya. Tentu saja harga saham perusahaan ini melambung tinggi.

Menonton film berdurasi 121 menit ini seperti film semi dokumenter. Namun, bukan berarti membosankan. Salah satu hal menarik yakni saat Walsh dan Acosta bernegosiasi bisnis dengan salah satu anak Soeharto. Kisah percintaan pada film ini menambah manis cerita. Kostum pemain dan suasana cukup apik merepresentasikan era 1990-an.

Kendati berlatar sejarah Indonesia dan Kanada, pengambilan lokasi film justru di Amerika Serikat dan Thailand. Namun film ini dapat mengemas sejarah dalam sebuah kisah penuh kejutan yang menghibur.

Saksikan keseluruhan kisah Gold di bioskop pilihan Anda.

Gold

Sutradara: Stephen Gaghan

Produser: Matthew McConaughey, Patrick Massett, John Zinman, Teddy Schwarzman, Michael Nozik

Skenario: Patrick Massett, John Zinman

Pemain: Matthew McConaughey, Édgar Ramírez, Bryce Dallas Howard, Corey Stoll, Toby Kebbell, Craig T. Nelson, Bruce Greenwood

Produksi: Boies/Schiller Films, Black Bear Pictures, Highway 61 Films

Distribusi: TWC-Dimension