Perawatan Pengusir ‘Mata Panda’ Ini Hanya Mitos [netdoctor]

Perawatan Pengusir ‘Mata Panda’ Ini Hanya Mitos

PinkKorset.com – Beberapa cara umum menghilangkan lingkar hitam mata alias mata panda ini ternyata hanya mitos.

Kecantikan Anda akan tertutup begitu muncul lingkar hitam di area mata atau sering disebut mata panda. Berbagai cara Anda lakukan untuk mengusir masalah ini. Mulai menggunakan krim hingga bahan-bahan natural. Tetapi tidak semua cara ini ampuh melenyapkan lingkar hitam mata.

Hydroquinone dan kentang mentah

Anda mungkin pernah mencoba memulas bahan pemutih, hydroquinone untuk menyamarkan warna hitam di kulit sekitar mata. Padahal bahan ini tidak memiliki efek sama sekali. Bahkan Anda berisiko mengalami iritasi kulit. Pasalnya bahan kimia ini telah dilarang digunakan sebagai kosmetik sejak 2001. Penelitian yang dipublikasi di Journal of Clinical Aesthetic Dermatology (2006) menemukan, dampak penggunaan hydroquinone dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang antara lain iritasi, gatal, hyperpigmentation, hilangnya pigmen, kulit berbintik, perubahan warna kuku, gangguan kelenjar keringat hingga kanker.

Begitu pula dengan kentang mentah iris. Bahan alami ini mengandung bahan pemutih alami. Tetapi bukan berarti berdampak langsung menyamarkan lingkar hitam mata. Menerapkan cara ini justru menyebabkan iritasi mata.

Timun

Mitos selanjutnya adalah menggunakan irisan timun. Timun mengandung banyak air dan memberikan efek dingin sehingga dapat mengurangi bengkak pada kulit area mata. Namun, cara ini hanya memberikan efek sementara. Anda pun tidak harus menggunakan timun untuk mendapatkan sensasi temporer ini. Buah lain asalkan dingin juga bisa diaplikasikan.

Lemon

Lagi-lagi kesalahpahaman bahan pencerah wajah. Air jeruk lemon memang mengandung tinggi vitamin C tapi sangat asam. Sehingga Anda tidak dianjurkan memulas di kulit dekat mata karena berisiko mengiritasi mata. Vitamin C mencerahkan kulit dari dalam tubuh bukan dari luar.

Teh

Kafein dalam teh memiliki efek mengecilkan pembuluh darah akibat konstraksi otot dinding pembuluh darah (Vasoconstriction). Sehingga dapat membantu mengurangi bengkak. Hanya saja efek ini bersifat sementara.