Peringkat Negara Berdasarkan Skor IQ [memorado]

Peringkat Negara Berdasarkan Skor IQ

PinkKorset.com – Ini bukan mengukur negara mana yang penduduknya paling pintar, berdasarkan skor IQ. Namun menarik untuk mengetahui negara-negara dengan skor IQ rata-rata tertinggi.

Memeringkat negara berdasarkan skor IQ rasanya seperti membandingkan apel dan jeruk. Ada banyak jenis pendidikan dan intelejensia yang tidak bisa dibandingkan. Hasil tes IQ pun belum memiliki standar baku yang sama di seluruh dunia.

Ada cara lain untuk mengukur intelejensia sebuah negara, salah satunya dari nilai pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan (sains). Ini adalah indikasi bagaimana anak-anak belajar dan performa mereka, serta mengetahui seberapa bagus sistem pendidikan negara tersebut.

Kontribusi sebuah negara terhadap dunia matematika dan sains juga sering menjadi ukuran. Jika negara itu menelurkan banyak penemuan dan riset, ini adalah indikasi baik terhadap intelejensia ilmuwannya. Ada pula yang mengukurnya rasio sarjana terhadap total populasi.

Namun kali ini, mari kita melihat lima negara dengan skor IQ rata-rata tertinggi berdasarkan data yang dikumpulkan pada 2002-2006 oleh Richard Lynn dan Tatu Vanhanen.

  1. Hong Kong. Secara teknis, Hong Kong adalah kota berstatus daerah administrasi khusus yang menjadi bagian dari Republik Rakyat Tiongkok. Pelajar Hong Kong sering menerima penghargaan nilai matematika dan sains tertinggi. Skor IQ rata-rata: 108.

 

  1. Singapura. Di Asia Tenggara, Singapura berperan penting dalam teknologi, bisnis, dan keuangan. Performa pelajarnya dalam matematika, sains, dan logika sudah terkenal di seluruh dunia. PDB dan perdagangan baik membuat Singapura memiliki uang untuk menciptakan siswa-siswi unggul. Skor IQ rata-rata: 108.

 

  1. Korea Selatan. Media Bloomberg menyebut Korea Selatan sebagai negara paling inovatif di seluruh dunia. Mereka banyak berinvestasi dalam riset dan pengembangan. Belum lagi memiliki internet tercepat di seluruh dunia, sebuah komitmen terhadap sains dan riset serta pertanda kemajuan teknologi. Skor IQ rata-rata: 106.

 

  1. Jepang. Negara ini terkenal memiliki filosofi pendidikan yang keras, membuat pelajarnya mempersiapkan ujian dengan sungguh-sungguh dan berdedikasi. Jepang berada di puncak dalam hal riset sains. Sebanyak 99% penduduk Jepang bisa membaca, salah satu yang tertinggi di dunia. Skor IQ rata-rata: 105.

 

  1. Republik Rakyat Tiongkok. Negara berpenduduk terbanyak ini tempat asal istilah tiger mom dan wolf dad, alias ayah dan ibu yang amat menuntut anaknya dalam hal pendidikan akademis. Demografi adalah salah satu keunggulan Tiongkok dan mereka memang tidak mau tertinggal dari negara manapun di dunia. Skor IQ rata-rata: 105.