Persiapan Sehat Perjalanan Mudik [emaze]

Persiapan Sehat Perjalanan Mudik

PinkKorset.com, Jakarta – Menempuh perjalanan panjang saat pulang ke kampung halaman membutuhkan strategi khusus agar terasa nyaman.

Sehat menjadi syarat utama melakukan perjalanan mudik. Hal ini penting karena Anda dan keluarga membutuhkan tenaga dan kondisi fit untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang dihadapi saat menempuh perjalanan panjang.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK menjelaskan, sebelum melakukan perjalanan jauh pastikan kondisi fisik sehat, kebutuhan kalori dan hidrasi terpenuhi, suplementasi bila perlu, membawa obat-obatan seperlunya dan kotak P3K serta istirahat cukup.

“Pemilihan makanan sehat selama mudik juga penting,” katanya saat peluncuran Tempat Mudik Nyaman (Teman) SGM Bunda dan SGM Eksplor di Jakarta, Senin (5/6/2017).

Dr. Dian menyarankan pemudik menghindari konsumsi makanan tidak sehat seperti makanan manis, makanan ringan dan makanan cepat saji. Sebaliknya membawa atau membeli makanan yang menyehatkan tubuh. Misalnya saja roti lapis sayur dan telur, sushi, pasta, susu, buah potong maupun jus.

“Kurangi makanan mengandung gula, digoreng, makanan maupun minuman instan. Kuncinya ada pada ibu, bila ia rajin maka asupan makanan sehat terpenuhi,” tambahnya.

Istirahat juga bagian dari kebutuhan esensial saat melakukan perjalanan. Rehat sejenak dari kepenatan dan kelelahan selama berkendara dapat mengusir jenuh dan mengembalikan tenaga.

“Konsumsi minuman berenergi dibolehkan maksimal dua botol per hari. Tetapi perlu dihindari bila memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi,” katanya.

Untuk memfasilitasi pemudik, SGM Bunda dan SGM Eksplor menggelar program Tempat Mudik Nyaman (TEMAN) yang tersebar di enam titik di jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Pada arus mudik, TEMAN beroperasi pada 19-25 Juni 2017 yang berlokasi di empat rest area antara lain,  Tol Cipali KM 102 A dan KM 166 A, RM Jatilawang dan Sumber Alam. Sementara arus balik pada 28 Juni-2 Juli 2017 berada di rest area Tol Cipali KM 101 B dan KM 164 B.

Marketing Manager SGM Eksplor Astrid Prasetyo mengatakan, di TEMAN tersedia fasilitas ramah ibu dan anak, poster tips nutrisi bumil dan ibu menyusui serta tempat nyaman untuk beristirahat anggota keluarga.

“Kami berharap para bunda dapat menjalani dan menikmati mudik Lebaran dengan nyaman sambil memastikan pemenuhan nutrisi bunda dan si kecil,” pungkasnya.