Pilih Asuransi atau Investasi? [jmpeoplestrategies]

Pilih Asuransi atau Investasi?

PinkKorset.com, Jakarta – Keduanya termasuk produk simpanan dana jangka panjang. Anda bisa memilih salah satu atau kombinasi asuransi dan investasi.

Asuransi dan investasi merupakan dua produk finansial jangka panjang yang memiliki tujuan berbeda. Misalnya investasi dipilih untuk alasan keamanan modal dan peningkatan imbalan hasil. Sementara asuransi bertujuan melindungi aset termasuk aset jiwa, kesehatan dan harta (kendaraan, pendidikan, properti, bisnis).

Kendati keduanya berbeda tetapi termasuk jenis simpanan dana jangka panjang yang lebih menguntungkan ketimbang produk tabungan dan deposito.

Executive Director & Head of Wealth Management Standart Chartered Bank Indonesia, Bambang Simon Simarno menjelaskan, saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menurunkan suku bunga acuan 160 basis point dan bunga deposito sudah sangat rendah 6%.

“Menyimpan dana di tabungan dan deposito sudah tidak bisa menutup biaya inflasi. Ujungnya nasabah tidak dapat pengembalian dana optimal,” ucapnya kepada PinkKorset usai peluncuran Versalink capital protection di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Lebih lanjut Bambang menambahkan, asuransi dan investasi dapat digunakan bersamaan dalam satu produk bernama unit link. Produk tersebut tergolong asuransi jiwa yang digabungkan dengan jenis investasi reksa dana. Premi yang dibayarkan digunakan untuk membayar perlindungan jiwa dan sisanya diinvestasikan dalam dana unit link.

“Salah satu produknya yakni Versalink capital protection,” sambungnya.

Versalink capital protection merupakan produk asuransi jiwa dengan premi tunggal hasil kolaborasi Prudential Indonesia dan Standart Chartered Bank. Produk ini memberikan manfaat perlindungan jiwa, proteksi modal investasi sekaligus potensi pengembalian hasil investasi dalam jangka 10 tahun ke depan.

Bambang menjabarkan, pengembalian dana dalam kondisi pasar apa pun akan dikembalikan 105% dari premi ditambah potensi kenaikan investasi. Kemudian bila dalma kurun waktu lima tahun ingin mengambil dana dapat disediakan melalui pinjaman dengan polis asuransi sebagai jaminan.

“Produk ini alternatif perencanaan keuangan jangka panjang seperti dana pendidikan anak, pensiun atau hibah-harta (warisan modal usaha),” tutupnya.