Punya Anak, Perpanjang Umur? [carebem]

Punya Anak, Perpanjang Umur?

PinkKorset.com – Mengasuh anak memang menjadi beban tersendiri. Namun, Anda berpotensi memiliki umur lebih ketimbang tanpa memiliki anak.

Fakta ini terungkap ketika para peneliti di Swedia menemukan orang dewasa yang memiliki anak meningkatkan rentang hidup dibandingkan mereka yang tidak memiliki anak.

Misalnya saja laki-laki lansia (umur 60 tahun) dengan anak-anak mendapat angka harapan hidup lebih 20,2 tahun. Sedangkan laki-laki dengan umur sama tanpa anak hanya memiliki angka harapan hidup 18,4 tahun saja. Sementara angka harapan hidup perempuan lansia dengan anak lebih tinggi daripada lansia laki-laki. Mereka yang memiliki anak berpotensi mendapatkan angka harapan hidup 24,6 tahun. Tetapi mereka yang tidak memiliki anak hanya mendapat 23,1 tahun.

Angka tersebut berdasarkan analisa informasi lebih dari 700.000 laki-laki dan 725.000 perempuan di Swedia yang lahir pada 1911 hingga 1925. Para responden mulai dilakukan analisa sejak umur 60 tahun hingga mereka meninggal dunia dengan patokan waktu pada 2014.

Sekitar tiga perempat responden setidaknya memiliki satu anak dan tiga perempat sudah memiliki anak yang telah menikah ketika responden telah menginjak umur 60 tahun.

Hasil penelitian ini juga mendapatkan angka risiko kematian pada laki-laki umur 80 tahun. Risiko kematian selama periode satu tahun dengan satu anak adalah 7,4%. Tetapi mereka yang tidak memiliki anak memiliki risiko kematian lebih tinggi, yakni 8,3%.

Begitu pula angka risiko kematian pada perempuan umur 60 tahun pada periode satu tahun. Mereka yang memiliki anak hanya memiliki poin 0,52%. Bila tidak memiliki anak justru memiliki angka risiko kematian sebesar 0,68%.

Temuan ini mengindikasikan dukungan sosial yang anak berikan kepada orangtua dapat berkontribusi menambah angka harapan hidup.

Namun, para peneliti juga menemukan angka harapan hidup lebih tinggi pada lansia yang memiliki anak namun belum menikah. Temuan ini menunjukkan, orang yang belum menikah, khususnya laki-laki lebih mengandalkan anak-anak mereka.

Tetapi angka harapan hidup juga ditentukan faktor lain seperti gaya hidup dan pola makan.