Rutinitas Penting Untuk Kulit Wajah

PinkKorset.com – Kulit memang banyak dipengaruhi gen. Tapi DNA bukanlah penentu, Anda tetap harus melakukan sejumlah rutinitas untuk merawatnya.

Sebagian besar orang memiliki masalah dengan kulit wajah. Tak perlu khawatir, sudah banyak cara untuk mengatasinya meski kadang harus menjajal banyak produk berikut rutinitasnya. Pakar kulit sekalipun juga mencari beberapa solusi sebelum menemukan yang cocok.

Pakar kecantikan asal Amerika Serikat yang memiliki lini kosmetiknya sendiri, Bobbi Brown menyatakan, rahasia kulit cantik dan sehat ada banyak kaitannya dengan asupan tubuh serta perawatan kulit yang dilakukan.

“Sebagaimana organ lainnya, penting juga bagi kulit jika Anda mengonsumsi makanan yang baik, bersih, dan sehat,” tulisnya dalam buku ‘Beauty Rules’.  Rutinitas adalah kuncinya. Artinya, Anda harus memulai kebiasaan seperti berikut ini.

Pembersih

Jerawat muncul karena pori-pori tersumbat dan terinfeksi. Kulit bersih bukan sekadar membersihkan wajah, tapi harus sampai ke pori-pori. Cari pembersih (cleanser) yang menyingkirkan sel kulit mati. Biasanya yang mengandung bahan aktif berikut ini.

  • Salicylic acid
  • Benzoyl peroxide
  • Retinoids
  • Glycolic acid
  • Lactic acid

Untuk kulit berminyak, gunakan pembersih gel bebas minyak yang tak membuat kulit kering. Untuk kulit normal, gunakan pembersih bening dengan foam. Untuk kulit kering, cari pembersih non-foaming atau creamy.

Hindari mencubit kulit saat mengoleskan pembersih dan aplikasikan tipis-tipis. Gunakan waslap dan air hangat untuk membilasnya. Jika berkeringat setelah olah raga, jangan langsung mencucinya dengan sabun. Bawa handuk kecil dan rendam di air, gunakan untuk membasuh wajah dari keringat.

Toner

Toner umumnya sangat berguna untuk kulit wajah berminyak. Tapi sensasi bersih yang didapatkan usai menggunakan toner sangat menyenangkan. Apapun jenis kulit Anda, hindari toner yang mengandung alkohol karena toner tidak seharusnya melucuti minyak alami wajah.

Pelembab

Pelembab membantu kulit menahan dan menyimpan air setelah Anda membersihkan kulit wajah. Seiring bertambah usia, fungsi pelembab semakin penting. Terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering.

Pelembab juga mengandung hal-hal penting seperti vitamin atau SPF. Untuk penggunaan  sehari-hari, cari pelembab bebas minyak yang mengandung sunscreen. Pastikan pelembab yang digunakan tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

Untuk kulit kering, gunakan pelembab dengan SPF pada siang hari dan yang bersifat creamy (tak begitu banyak mengandung air) untuk malam hari.