Sejarah Terciptanya iPhone [telegraph]

Sejarah Terciptanya iPhone

PinkKorset.com – Gadget besutan Apple Inc. ini tak begitu saja tercipta lewat tangan dingin pendiangnya, Steve Jobs. Ada kisah di baliknya.

Prototip iPhone pertama yang dibuat oleh Jobs memiliki sejarah yang tak disangka-sangka. Hal ini disampaikan oleh pemimpin divisi piranti lunak iOS Apple di era Jobs, Scott Forstall, dalam sebuah event baru-baru ini. Menurutnya, semua bermula dari kebencian Jobs terhadap seseorang di Microsoft.

“Semua bermula karena Steve membenci seseorang di Microsoft. Setiap kali keduanya berinteraksi, Steve selalu kesal,” kata Forstall. Siapa sosok itu, Forstall tak menyebutkan namanya. Namun yang jelas, ia suami dari kawan istri Jobs. Lelaki ini suka menyombong, membuat Jobs selalu kesal dengannya.

Jobs rupanya kesal karena si lelaki ini berkata mereka (Microsoft) akan menguasai dunia dengan tablet yang memiliki pen (stylus). Maka suatu Senin, Jobs datang ke kantor masih merasa kesal dan menurut Forstall, “Ia seolah berkata, oke kita tunjukkan ke dunia bagaimana hal ini harusnya dilakukan.”

Diantara kritik Jobs terhadap teknologi Microsoft addalah terlalu banyak mengandalkan layar sentuh resistive. Ini adalah teknologi yang umum digunakan sebelum iPhone menciptakan layar sentuh capacitive yang bersifat multitouch. Tentu saja, Jobs juga terkenal membenci segala bentuk stylus.

“Kita tak butuh stylus. Kita dilahirkan dengan sepuluh stylus,” demikian Forstall mengenang perkataan Jobs. Tim mereka pun menciptakan prototip display multitouch. Bahkan di saat itu saja, Forstall sudah merasa teknologi mereka ini revolusioner. Begitu dilihat, katanya, “You knew this was the way to go.

Jobs kemudian memutuskan Apple sebaiknya menciptakan smartphone. Ia meminta para insinyurnya untuk menciptakan versi ponsel dari prototip tablet (iPad) pertama. Setelah melihat bagaimana para insinyur bekerja, ia kemudian meminta mereka menunda tablet dan menciptakan ponsel.

And that’s what we did,” kata Forstall. Maka the rest is history: Apple melahirkan produk penting pertamanya pada 2007.