12 Hal Sehari-hari Pemicu Kanker [vumag]

12 Hal Sehari-hari Pemicu Kanker

PinkKorset.com – Banyak hal pemicu kanker, termasuk selusin hal yang lazim digunakan dan dekat dengan Anda.

Berbagai kondisi seperti obesitas, kesalahan diet, ketidakseimbangan hormon dan peradangan kronik sering dikaitkan dengan kanker. Namun, tanpa disadari berbagai hal yang ada di sekitar Anda juga berpotensi meningkatkan terjadinya kanker. Misalnya saja barang-barang berikut ini.

1. Pengharum ruangan

Pengharum ruangan hanya menyamarkan bau tak sedap saja. Produk ini mengandung zat kimia tertentu yang memengaruhi reseptor lubang hidung sehingga tidak mengenali aroma lainnya. Beberapa komponen kimia berbahaya terkandung di dalamnya, seperti  acetaldehyde, benzaldehyde dan methyl pyrrolidone.

2. Lilin

Ya. Anda tentu pernah menggunakannya ketika mati lampu. Ternyata lilin yang mengandung parafin ini mengeluarkan karsinogen seperti toluene, aldehydes, ketones ketika dibakar.

3. Kosmetik

Kosmetik mengandung karsinogen seperti benzophenone-3 as well as carcinogens like formaldehyde, benzene, toluene dan 1,4 dioxane dapat terserap tubuh dan memicu kanker kulit.

4. Asap mobil

Paparan polusi residu kendaraan bermesin disel meningkatkan risiko kanker paru. Ini disebabkan knalpot mesin disel terkandung partikel dalam jumlah tinggi yang menyebabkan asma hingga kanker paru.

5. Granit

Batu granit memancarkan gas radioaktif, radon yang meningkatkan risiko kanker. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan batu ini dalam produk rumah tangga.

6. Pasta gigi

Kandungan fluoride dalam pasta gigi terkait dengan kanker tulang, osteosarkoma. Selain itu, senyawa triclosan juga memicu perkembangan tumor. itulah sebabnya penggunaan pasta gigi dengan dua senyawa ini tidak boleh digunakan terlalu sering.

7. Minuman beralkohol

Alkohol dapat memicu sekresi asam lambung dan merusak lapisan saluran pencernaan. Sehingga memperburuk kondisi tukak lambung dan meningkatkan risiko kanker mulut.

8. Minuman panas

Minuman yang sering diminum saat panas seperti teh dan kopi dapat meningkatkan risiko munculnya kanker kerongkongan.

9. Pil KB

Konsumsi pil kontrasepsi dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara, kanker serviks dan kanker hati. Temuan ini dipertegas setelah ditemuka  mutasi karier BRCA1 dan BRCA2.

10. Makanan bakar

Konsumsi daging, ayam maupun ikan yang dibakar hingga hitam menningkatkan risiko kanker perut, usus besar dan pankreas. Ini disebabkan asam amino pembentuk protein berubah menjadi heterocyclic amines (HCA) setelah dibakar pada suhu tinggi. Senyawa tersebut dikenal sebagai pemicu kanker.

11. Popcorn microwave

Menyantap brondong jagung kemasan yang dimasak dengan microwave meningkatkan risiko kanker. Lapisan lilin kemasan menghasilkan asam perfluorooctanoic, karsinogen pemicu kanker prostat dan hati.

12. Makanan kaleng

Kaleng kemasan berlapis plastik inilah yang menjadi biang keladinya. Lapisan plastik Bisphenol A menyebabkan gangguan hormon dan perubahan DNA yang memicu kanker payudara.