Tak Sempat Olah Raga, Lakukan Ini Saja [huffpost]

Tak Sempat Olah Raga, Lakukan Ini Saja

PinkKorset.com – Ada banyak cara beraktivitas sehat bila Anda tidak sempat lari pagi maupun mengunjungi pusat kebugaran.

Hindari gaya hidup kurang bergerak (sedentary lifestyle). Pola hidup seperti ini mendekatkan Anda pada risiko penyakit pembuluh darah (kardiovaskular) yang memicu penyakit jantung, serangan jantung, stroke, gagal ginjal dan lainnya.

Tidak ada alasan tak sempat berolahraga. Anda bisa mencoba berbagai kegiatan fisik yang membantu tubuh bergerak lebih aktif dan mencegah risiko pneyakit kardiovaskular.

Naik sepeda ke kantor

Bila Anda berangkat kerja, usahakan mengendarai sepeda ketimbang naik kendaraan bermotor. Bersepeda ke kantor 30 menit dapat membakar lemak hingga 120 kalori.

Naik turun tangga

Upayakan tubuh tetap bergerak dengan menghindari elevator. Tak perlu naik belasan atau puluhan lantai dengan tangga, cukup 3-5 lantai saja dan sisanya bisa naik elevator.

Mencuci motor atau mobil

Gerakan menggosok, menyiram dan mengelap kendaraan dapat memacu tubuh Anda bergerak dan berkeringat. Selain menyehatkan, Anda juga bisa menghemat biaya di pencucian kendaraan.

Menyapu lantai

Membersihkan lantai dengan sapu maupun vacuum cleaner selama 15 menit dapat membakar 65 kalori.

Membersihkan rumah

Sesekali tidak perlu bergantung dengan ‘Si Mbak’ di rumah untuk membersihkan lantai kamar mandi. Menggosok lantai kamar mandi hingga mengilap membakar 250 kalori. Anda juga bisa mengelap debu pada perabot yang ampuh meluruhkan 160 kalori dalam satu jam.

Berkebun

Menanam maupun merapihkan tanaman di rumah selama satu jam dapat membakar lemak hingga 240 kalori. selain menyenangkan, halaman rumah juga tampak lebih indah.

Tertawalah

Jauhi stres dan buatlah diri Anda terhibur hingga tertawa. Ternyata tertawa selama 10-15 menit per hari membakar 40 kalori.