Tertawa Sehatkan Jantung? [stern]

Tertawa Sehatkan Jantung?

PinkKorset.com – Bentuk kebahagiaan sederhana ini tidak hanya mengusir stres tetapi melindungi jantung Anda dari penyakit.

Ahli kardiologi sekaligus direktur women and heart disease di Lenox Hill Hospital, AS, Suzanne Steinbaum, D.O., menjelaskan, penelitian telah mengungkap tertawa dapat menurunkan hormon stres, mengurangi peradangan arteri dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

“Setelah Anda tertawa, tubuh Anda terpicu untuk merasa lebih baik. Efeknya bertahan selama 24 jam,” ucapnya dilansir American Heart Association.

Tertawa juga baik dilakukan perempuan pascamenopause karena risiko terkena penyakit jantung meningkat. Sebuah studi menunjukkan  orang dengan penyakit jantung 40% lebih sedikit tertawa ketimbang orang yang tidak terkena penyakit tersebut.

Selama empat dekade terakhir, penelitian telah menemukan orang dengan tipe kepribadian tertentu seperti mudah marah dan selalu bermusuhan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Sebaliknya, orang dengan humor tinggi memiliki risiko sakit jantung lebih rendah.

Penelitian University of Maryland juga menemukan dampak positif tertawa. Kelompok responden yang menonton film perang penuh tekanan, Saving Private Ryan (1998) mengalami pengerutan lapisan pembuluh darah dan menurunkan sirkulasi darah. Tetapi kelompok responden yang menonton film lucu, Something About Mary (1998) terdeteksi lapisan pembuluh darah melebar dan aliran darah lancar.

Tidak berlebihan jika ada anggapan ‘tertawa itu obat awet muda’. Suasana bahagia memang membuat tubuh rileks sehingga menurunkan risiko terkena penyakit. Tentu saja bukan berarti Anda bisa tertawa sepuasnya setiap saat.