Tips Memilih Cat Rumah [gharpedia]

Tips Memilih Cat Rumah

PinkKorset.com – Sebelum mengubah warna rumah ada baiknya Anda memilih cat yang tepat agar membeli sesuai kebutuhan.

Mengubah nuansa rumah dapat dilakukan dengan mengganti warna pada interior maupun eksterior. Namun, sebelum mengganti warna baru, Anda perlu mengetahui jenis cat. Pada dasarnya cat rumah terdiri atas dua jenis, yakni alkyd dan lateks. Keduanya memiliki karakteristik dan aplikasi yang berbeda.

Cat alkyd

Jenis cat ini ideal digunakan pada besi, kayu, kusen, pintu, jendela dan beberapa bagian interior. Cat berbasis minyak ini paling baik melapis permukaan dan memiliki daya kilap tinggi. Cat alkyd juga cocok diaplikasikan pada bagian eksterior karena kuat terhadap cuaca dan jamur. Anda perlu bersabar menggunakan cat ini karena lebih lama mengering ketimbang cat berbasis air. Harganya pun lebih mahal dibandingkan cat lateks. Selain itu pelarut cat alkyd mudah menguap dan menimbulkan polusi.

Cat lateks

Kendati dinamakan karet sintetis (lateks) tetapi kini cat ini tidak menggunakannya lagi. Istilah cat lateks mencakup semua cat berbasis air. Di pasaran Anda dapat memilih beberapa tipe cat lateks, seperti vinyl-acrylic, 100% acrylic dan lateks kombinasi alkyd.

Tipe vinyl-acrylic paling banyak digunakan karena sedikit menguras biaya dan paling pas diaplikasikan pada dinding interior. Sementara cat interior berkualitas tinggi dapat memilih formula 100% acrylic. Dengan komposisi formula tersebut menghasilkan warna lebih pekat dan cat merekat lebih baik. Namun, untuk aplikasi eksterior sebaiknya memiliki cat kombinasi lateks dan alkyd.

Setelah memahami jenis cat, Anda dapat memilih warna dan merek. Sesuaikan dengan kebutuhan area yang akan dicat. Tutup seluruh bagian yang tidak dicat, termasuk lantai,furnitur dan perabot kesayangan Anda. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker ketika mengecat.

Belum Ada Berita Terkait