Mudik Nyaman bagi Bumil dan Busui [shbabbek]

Mudik Nyaman bagi Bumil dan Busui

PinkKorset.com, Jakarta – Ada beberapa persiapan emosional dan psikologis bumil dan ibu menyusui sebelum mudik agar berjalan aman dan nyaman.

Ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui mengalami perubahan fisiologis sehingga mengubah kondisi psikologis. Ini tentu saja menghambat kenyamanan mereka saat melakukan perjalanan ke kampung halaman alias mudik. Mereka menjadi mudah lelah dan pegal, buang air kecil serta tidak bisa membawa barang berat.

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., menjelaskan, hal utama sebagai perempuan dengan kondisi ini harus menerima keterbatasan diri. Kemudian tidak menuntut kesempurnaan, memahami risiko dan siap menghadapi risiko.

“Kalau dari awal menolak kondisi ini maka banyak masalah yang dihadapi selama mudik,” ucapnya saat acara peluncuran Tempat Mudik Nyaman (Teman) SGM Bunda dan SGM Eksplor di Jakarta, Senin (5/6/2017).

Nina begitu ia disapa menambahkan, persiapan mental ini dibutuhkan bumil dan ibu menyusui agar mereka nyaman dan tidak menyalahkan pasangan maupun keluarga besar pasangan yang meminta mereka datang berkunjung ke kampung halaman.

Setelah memantapkan persiapan mental, selanjutnya yakni memberanikan diri melakukan mudik dengan memperhitungkan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Banyak hal yang dapat membuat nyaman bumil  dan ibu menyusui. Misalnya saja menggunakan pakaian hangat saat melakukan perjalanan malam atau pakaian katun saat perjalanan siang agar menyerap keringat dan menyesuaikan posisi duduk yang nyaman saat berkendara.

Anda juga perlu membawa benda-benda yang membuat Anda nyaman untuk digunakan selama perjalanan mudik seperti bantal, buku maupun camilan favorit. Untuk mengusir penat, ingatlah kenangan-kenangan indah dengan melihat-lihat foto.

Khusus bagi bumil memerlukan kerja sama atau memohon pengertian dengan suami dan keluarga atau sopir maupun kondektur bila menggunakan kendaraan umum. Contohnya meminta pemberhentian nyaman untuk beristirahat dan pengertiannya mereka saat bumil menggunakan pispot.

“Intinya, buatlah diri senyaman mungkin,” tutupnya.