Titik Lokasi Penukaran Uang [kompas]

Titik Lokasi Penukaran Uang

PinkKorset.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang jelang Lebaran 2017. Dimana saja?

Bank Indonesia menetapkan sedikitnya 117 lokasi penukaran uang pecahan di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai baru dengan kondisi layak edar menjelang Idul Fitri Juni 2017.

Sebanyak 117 lokasi penukaran uang tersebut terdiri dari 43 Kantor Perwakilan BI dan juga kantor kas, serta 74 kas titipan.

Pusat penukaran uang ini adalah di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat. BI telah membuka layanan ini sejak 22 Juni dan kemudian disusul oleh 13 bank pada 5 Juni. Bank yang berpartisipasi tersebut adalah BRI, BNI, Mandiri, BTN, Bank DKI, Bank Mega, BCA, Permata Bank, Maybank, CIMB Niaga, BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah dan BJB.

Jam operasional untuk Senin-Kamis adalah pukul 10.00 -14.00 WIB dan Jumat 09.00-11.30 WIB.

Penukaran uang juga dibuka di berbagai landmark beberapa kota besar di Indonesia. Sebut saja Lapangan Alun-alun Bandung, Tugu Juang Lampung, Lapangan Puputan Bali dan Masjid Islamic Center Lhokseumawe, Aceh. GOR Segiri Kalimantan Timur dan Lapangan Banteng Medan, Sumatera Utara.

Selain sentra kota besar tersebut, masyarakat juga dapat menukarkan uangnya di berbagai instansi pemerintah seperti kantor pemerintah daerah, dan Kantor Perwakilan BI.

Tidak hanya itu. BI juga akan melakukan kas keliling ke pasar-pasar, stasiun dan posko mudik. Misalkan Pasar Cikini, Jl. Pegangsaan Timur, Cikini Jak-Pus (depan stasiun Cikini), Ps. Rawa Bening, Stasiun Jatinegara, Jaktim Ps. Lontar, Plumpang Semper Raya, Jakut Ps. Kranji, Bungur Raya Blok.B1, Bekasi

Namun, ternyata ada syarat untuk menukar uang ini lho. Apa saja?