Upaya Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara [Pinkkorset]

Upaya Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara

PinkKorset.com, Jakarta – Mempertahankan kekayaan kuliner tak sekadar mencintainya saja. Tetapi juga memacu pertumbuhan pelaku kuliner, khususnya bagi pemula.

Regenerasi usaha kuliner memiliki peran penting dalam melestarikan warisan kuliner Indonesia, khususnya di tengah gempuran kuliner mancanegara yang semakin merajalela. Selaras dengan hal ini PT Unilever Indonesia Tbk., kembali menghadirkan Festival Jajanan Bango 2017 dengan menggandeng pengusaha pemula (startup) kuliner Nusantara.

Senior Brand Manager Bango Kaninia Radiatni mengatakan, tahun ini Bango mengajak para pelaku kuliner dengan mendorong semangat dan peranan generasi muda dalam melahirkan berbagai inovasi yang mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan kearifan lokal.

“Diawali dengan pencarian 40 startup kuliner Nusantara dari berbagai wilayah di Indonesia pada 7 dan 8 Februari 2017 yang lalu,” ucapnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Para peserta ini merupakan startup kuliner Nusantara dari berbagai wilayah, meliputi Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Klaten, Surabaya, Malang, Klaten, Payakumbuh, Palembang dan Ambon.

Mereka merupakan pengusaha UKM (restoran, kafe, street food, online maupun katering) berumur maksimal 45 tahun yang menjalankan usaha minimal satu tahun. Produk yang ditampilkan para peserta mewakili kategori Sate, Nasi, Kuah, Aneka Bakaran dan Camilan.

Penjurian dilakukan oleh tiga juri, antara lain pengamat dan penggiat komunitas pelestarian kuliner Nusantara, Ari Parikesit, juru masak kuliner Nusantara, Chef Degan Septoadji serta pakar pengembangan ekonomi kreatif, Harjono Sukarno.

Ada beberapa proses penjurian dan diantaranya yakni autentisitas penyajian makanan tradisional, keunikan hidangan, komitmen pelestarian warisan kuliner Nusantara, semangat mengembangkan bisnis dan memiliki rencana usaha yang baik.

Saat ini telah terpilih 20 finalis startup kuliner Nusantara, diantaranya Bakso Boedjangan (Jakarta), Sate Klathak Mas Tanto (Bandung), Sego Kucing Omah Londo (Solo), Pindang Agan (Palembang) dan Rumah Makan Beta Ruma (Ambon). Anda pun dapat memilihnya melalui situs www.bango.co.id dan Facebook Bango Warisan Kuliner.

“Sebanyak 10 startup favorit akan dihadirkan dalam Festival Jajanan Bango 2017 pada 6-7 Mei 2017 di ICE BSD, Tangerang,” pungkasnya.