Walkman Punya Nama Lain

Alat pemutar musik portabel keluaran Sony ini memiliki bermacam-macam sebutan di beberapa negara.

Sony meluncurkan perangkat pemutar kaset audio, Walkman pada 1979 di Jepang. Kala itu merek ini menjadi sebutan populer untuk alat canggih pemutar musik yang mudah dibawa kemana saja.

Kendati saat itu perangkat musik ini terkenal di mancanegara, tetapi penyebutan Walkman hanya dikenal di Jepang. Pada 1980-an sebagian masyarakat dunia menyebutnya dengan nama lain. Misalnya saja masyarakat Amerika Serikat dan negara-negara sekitarnya menyebut Walkman dengan Soundabout, Swedia (Freestyle) dan United Kingdom (Stowaway).

Sementara itu, President sekaligus co-founder Sony, Akio Morita sebenarnya kurang suka Walkman dan berniat mengubah nama itu. Namun, nama Walkman sudah terlanjur dipromosikan sebagai merek dagang. Ia pun mengurungkan rencana pengubahan nama Walkman karena alasan biaya tinggi.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, perangkat ini berkembang menjadi beragam pemutar musik dan video, diantaranya Discman, Video Walkman, MiniDisc Walkman, Network Walkman, Walkman MP3, Walkman Core dan Walkman Video MP3 Player.