Kotoran Telinga Ungkap Kondisi Kesehatan Anda [dreamstime]

Kotoran Telinga Ungkap Kondisi Kesehatan Anda

PinkKorset.com – Anda dapat mengetahui status kesehatan dengan mengamati warna kotoran telinga.

Bila Anda penasaran dengan kondisi kesehatan tubuh secara umum dapat mencoba mengamati kotoran telinga. Ternyata warna kotoran tidak selalu kuning, ada berbagai warna yang mengindikasikan status kesehatan Anda.

Kuning

Telinga dengan kotoran berwarna kuning, agak basah dan lengket menandakan kondisi tubuh sehat dan saluran telinga bebas infeksi.

Kuning pucat

Warna kotoran telinga ini menandakan Anda kekurangan vitamin B. Namun, jika terjadi pada anak di bawah umur 8 tahun masih dianggap normal atau sehat.

Abu-abu

Bila warna kotoran telingan keabu-abuan, agak basah dan lengket berarti saluran telinga Anda kotor. Namun, jika kotoran ini kering, rapuh disertai gatal mengindikasikan adanya eksim.

Cokelat gelap

Kotoran berwarna cokelat tua dan lengket mengindikasikan adanya keringat berlebih. Anda perlu memeriksakan diri karena terkait adanya hipertensi maupun kolesterol tinggi.

Cokelat gelap dan tebal

Bentuk dan warna kotoran ini menandakan gangguan hormonal yang dipicu stres atau kecemasan.

Basah dan cair

Bila kotoran telinga sangat basah dan cair berarti gendang telinga mengalami kerusakan.

Berdarah

Adanya bercak darah pada kotoran telinga menjadi tanda kerusakan gendang telinga atau infeksi telinga yang berat.

Kendati Anda bisa mengamati kotoran telinga untuk mengetahui status kesehatan. Tetapi sebaiknya tidak membersihkan telinga dengan mengorek menggunakan benda keras. Cara ini berisiko melukai saluran dan gendang telinga. Pada dasarnya kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya.