Ketika WhatsApp tak Mau Kalah [bgr]

Ketika WhatsApp tak Mau Kalah

PinkKorset.com – Aplikasi perpesanan yang dimiliki Facebook ini terus mengembangkan dirinya melalui fitur-fitur baru dan perlahan menggeser aplikasi lain.

WhatsApp mengeluarkan fitur Stories dengan sebuah update untuk fitur Status. Meski saat ini baru diluncurkan di Belanda dan Prancis, fitur ini tak lama lagi akan tersedia untuk pengguna lainnya di seluruh dunia.

Perusahaan ini telah mengujinya selama beberapa bulan terakhir. Stories sebenarnya update untuk Status yang sudah lama dinantikan penggunanya. Fitur ini membuat pengguna bisa mengubah status ke ‘text only’ dengan cepat.

Sepintas, mirip dengan fitur Stories yang dimiliki rekan satu payung mereka, Instagram, serta pesaing terbesar, Snapchat. Fitur ini nantinya akan memiliki tempat sendiri seperti chat dan log telepon.

Pengguna bisa mempebaru Status dengan foto, klip video, emoji, doodle, serta teks. Seperti rivalnya, teman sesama pengguna WhatsApp hanya bisa melihatnya selama 24 jam setelah diunggah.

Update terbaru ini bertepatan dengan ulang tahun WhatsApp yang ke-8. Facebook sudah menambahkan fitur mirip Snapchat ini ke Instagram, Messenger, serta aplikasi utama Facebook.

“Kami sudah familiar dengan format ini,” kata product manager Randall Sarafa. Namun menurutnya, akan ada hal yang membuat fitur ini tampak lebih menonjol. Salah satunya, enkripsi end-to-end seperti isi pesan di WhatsApp.

Media yang dikirim dan dilihat lewat Status akan mengalami optimalisasi agar tidak terlalu banyak menyedot data serta tetap bisa load ketika koneksi lambat. “Kami berharap, bisa diandalkan seperti media di chat,” lanjut Sarafa.

Pengguna WhatsApp di seluruh dunia mengirimkan lebih dari 3,3 miliar foto dalam sehari. Lalu apakah fitur Stories di WhatsApp akan sebesar Instragram? Itu lain cerita. Yang jelas, saat ini Facebook sedang mengujinya di pengguna.