Xiaomi Tambah Ponsel Rasa Nusantara [thestack]

Xiaomi Tambah Ponsel Rasa Nusantara

PinkKorset.com, Jakarta – Merek ponsel pintar asal Tiongkok ini telah meluncurkan empat produk rakitan pabrik di Indonesia, termasuk seri flagship ini.  

Baru-baru ini Xiaomi Indonesia merilis Xiaomi Mi A1, produk flagship pertama yang diproduksi di Indonesia. Seri Mi tergolong koleksi ponsel pintar Xiaomi untuk pasar menengah ke atas, sedangkan seri Redmi menyasar kalangan bawah (entry level).

Senior Vice President Xiaomi Wang Xiang menuturkan, Mi A1 menjadi sebuah perangkat strategis program ekspansi global kami sekaligus menjadi langkah penting membawa misi kami untuk membawa inovasi bagi semua orang.

“Peluncuran produk ini menandakan langkah besar Xiaomi di Indonesia dan memperkokoh komitmen Xiaomi di pasar ini,” katanya saat peluncuran Xiaomi Mi A1 di Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Ponsel dengan harga Rp3.099.000 ini mengusung bodi berbahan aluminium, desain elegan, kamera ganda dan software milik Google, Android One. Indonesia menjadi negara kedua peluncuran ponsel ini setelah India.

Sebelumnya Xiaomi telah merilis tiga seri produk ‘bercitarasa’ lokal, antara lain Redmi 4A, Redmi 4X dan Redmi Note 4 sejak awal 2017. Seluruh produk lokal ini diproduksi PT Sat Nusapersada di Batam. Pabrik tersebut dapat menghasilkan ratusan ribu unit ponsel Xiaomi per bulan.

Produksi ponsel yang dibuat di dalam negeri ini merupakan komitmen Xiaomi Indonesia mematuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30% yang ditetapkan pemerintah untuk ponsel 4G. Saat ini Xiaomi rakitan di Indonesia telah menggunakan 20% komponen lokal. Kepatuhan Xiaomi Indonesia dimulai awal tahun ini setelah pada 2016 penjualan ponsel 4G Xiaomi terhenti pada 2016 karena belum mengikuti TKDN.

Dengan langkah tersebut Xiaomi Indonesia menargetkan kenaikan penjualan seluruh ponsel 15% ketimbang tahun lalu.