Generasi X Lebih Bahagia? [visioncritical]

Generasi X Lebih Bahagia?

PinkKorset.com, Jakarta – Dibandingkan dengan generasi millennial, Generasi X ini lebih bersyukur atas apa yang mereka miliki.

Sebuah survei Snapcart menemukan generasi X (umur 36 tahun ke atas) merasa sangat bahagia. Hampir separuh dari mereka beralasan bahagia karena keluarga (49%). Sementara sisanya merasa bahagia karena kesehatan (12%), kondisi ekonomi lebih baik (11%), memiliki pengharapan baik pada tahun bau (11%) dan mampu berwisata (8%).

Sedangkan generasi millennial (umur 18-35 tahun) hanya 31% saja yang merasa bahagia dibandingkan 37% generasi X. Hasil ini sangat signifikan secara statistik karena jumlah sampel yang sangat besar (n=6,775 Millennial dan n=1,073 Generasi X).

Sudut pandang bahagia kedua generasi tersebut berbeda. Millennial cenderung menganggap belanja barang-barang adalah sesuatu yang membahagiakan. Sedangkan generasi X cenderung mengatakan bahwa dengan berbagi dan jalan-jalan (refreshing) merasa lebih bahagia.

Peneliti sekaligus CEO Merdi Intar Sinau (MISI) Iwan Murty mengatakan, perbedaan jenjang kehidupan kedua generasi tersebut menunjukkan perbedaan prioritas hidup.

“Generasi X mengutamakan ketenangan hidup sedangkan millennial, khususnya millennial muda (umur 18-25 tahun) masih berjuang memulai kehidupan,” ucapnya dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Kaum millennial muda umumnya sedang berusaha mendapatkan pekerjaan, meniti karier, mendapatkan jodoh dan membangun keluarga. Tekanan sekolah, kuliah dan perasaan ketidakpastian akan masa depan mereka lebih besar dibandingkan dengan generasi lainnya. Tidak mengherankan bila mereka paling merasa tidak bahagia ketimbang generasi millennial dewasa (umur 25-35 tahun).

Survei tersebut dilakukan pada 5-15 Desember 2017 dengan melibatkan 8.066 responden berumur 15-55 tahun yang dilakukan di beberapa kota di Indonesia, di antaranya Jabodetabek, Medan, Surabaya, Bandung, Semarang dan Palembang.