Hati-hati 4 Tanda Prediabetes Ini [popculture]

Hati-hati 4 Tanda Prediabetes Ini

PinkKorset.com – Sebelum Anda mengalami diabetes didahului prediabetes yang diketahui dari beberapa tanda berikut ini.

Prediabetes merupakan kondisi kadar gula dalam darah di atas normal tetapi belum masuk kategori diabetes. Nilai gula darah normal kurang dari 110 mg/dl dan di atas 126 mg/dl tergolong diabetes. Anda dikatakan prediabetes bila pemeriksaan gula darah puasa Anda berada pada kisaran angka tersebut.

Prediabetes yang tidak terkendali akan berkembang menjadi diabetes yang ditandai empat gejala ini.

1. Kelebihan lemak tubuh
Sebaiknya Anda waspada bila terjadi penumpukan lemak di area perut. Kegemukan pada area tengah tubuh ini meningkatkan kemungkinan resistensi insulin, faktor risiko utama diabetes. Kelebihan berat badan juga menyebabkan pankreas stres sehingga tidak cukup menghasilkan insulin.

2. Perubahan kulit
Beberapa orang dengan prediabetes memiliki tanda resistensi insulin pada kulit. Misalnya kulit menjadi tampak gelap pada area ketiak, pundak dan leher.

3. Masalah diabetes pada masa lalu
Perempuan dengan riwayat diabetes selama kehamilan (gestasional) perlu hati-hati. Kondisi tersebut tidak mengembalikan Anda seperti sebelum terkena diabetes gestasional kendati bayi telah lahir dan kadar gula darah aman pascapersalinan. Terlebih bila Anda melahirkan bayi dengan berat badan di atas 4 kg.

Riwayat keluaga dengan diabetes dan etnis juga memengaruhi munculnya prediabetes. Ras Amerika Afrika, Amerika Alaska, Amerika Indian, Asia Amerika, Hispanik atau Latin maupun asal Kepulauan Pasifik cenderung berakhir dengan prediabetes.

4. Sulit tidur
Ritme tidur yang buruk memicu kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko prediabetes. Apalagi orang dengan obstructive sleep apnea mudah mengalai kenaikkan kadar gula darah.