Ini Aplikasi Islam Pertama yang Diakui Kemenag [PinkKorset]

Ini Aplikasi Islam Pertama yang Diakui Kemenag

PinkKorset.com, Jakarta – Muslim Go menjadi aplikasi Islam pertama dengan font Mushaf Al-Quran Standar Indonesia yang disertifikasi Kementerian Agama Indonesia.

Untuk memudahkan membaca Al-Quran, Kementerian Agama Indonesia telah merilis font Mushaf Standar Indonesia (MSI). Mushaf Al-Quran ini sudah dibakukan cara penulisan, teks, harakat, tanda baca dan waqaf sesuai Musyawarah Kerja Ulama Ahli Al-Quran (Keputusan Menteri Agama No. 25 Tahun 1984).

Font dan database teks ayat MSI telah diterapkan pada produk-produk turunan Al-Quran in Microsoft Word, Quran in Power Point dan Al-Quran Website. Font MSI juga digunakan pada Al-Quran digital (Android dan iOS), termasuk aplikasi Islam Muslim Go yang pertama kali menggunakannya.

“Muslim Go telah membantu rekan-rekan Muslim dan dunia lebih baik melalui inovasi teknologi dan operasi lokal mendalam,” ucap Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama RI, Muchlis Hanafi saat peluncuran Muslim Go di Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Sekadar informasi, Lajnah merupakan lembaga bagian Puslitbang Lektur Keagamaan, Kementerian Agama RI yang bertugas mengoreksi setiap lembaran (mushaf) berisi tulisan Al-Quran yang akan dicetak dan diedarkan di Indonesia.

Muslim Go yang fokus pada dunia Muslim ini telah menarik perhatian luas tidak hanya di Indonesia tetapi juga Malaysia, Pakistan, India dan Tiongkok.

Marketing Manager Muslim Go Indonesia, Jarot Utomo menuturkan, melayani lebih dari sejuta penguna aktif dan telah diunduh 2,5 juta kali di Indonesia menjadi tantangan Muslim Go setiap hari. Dengan menyuguhkan konten akurat dan berguna tentu akan menarik minat masyarakat.

“Sehingga tidak sekadar menggunakannya sebagai tools tetapi juga aplikasi esensial dalam keseharian mereka,” katanya.

Muslim Go dapat digunakan pada ponsel pintar maupun komputer tablet berbasis sistem operasi Android maupun iOS. Aplikasi ini menyediakan fitur waktu sholat, Al-Quran digital, kumpulan doa, kalender Islam, arah kiblat, konten ceramah agama, berita, video, lokasi masjid terdekat hingga rekomendasi restoran halal.