Mengapa Mudah Bunuh Diri? [google]

Mengapa Mudah Bunuh Diri?

PinkKorset.com, Jakarta – Mempertanyakan motif dan alasan bunuh diri tak pernah terjawab dengan mudah karena begitu rumit.

Psikolog Keluarga dan Anak dari RS Pondok Indah, Roslina Verauli mengatakan, memiliki masalah kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan dan kecenderungan impulsif pun tidak selalu berakhir dengan bunuh diri.

“Ada sejumlah riwayat masa kecil, pengalaman bersama orang-orang sekitar dan penghayatan religi yang juga memicu bunuh diri,” ucapnya dalam keterangan foto akun Instagram pribadinya beberapa waktu lalu.

Masalah bunuh diri pun mengintai siapa pun. Sederet selebritas dunia melakukan bunuh diri, sebut saja Kate Spade, Anthony Bourdain, Dolores O’Riordan, Chester Bennington, Avicii, Kim Jonghyun dan Robin Williams.

Begitu banyak berita kematian bunuh diri mereka beredar. Pertanyaan alasan dan motif para selebritas tersebut melakukan bunuh diri pun menyeruak. Sayangnya pertanyaan demikian justru hanya menebar lebih banyak stigma tentang bunuh diri dan masalah mental ketimbang cara mengatasinya.

“Tak heran, mereka dengan masalah mental lebih memilih menutupi dan menyembunyikan masalah daripada mengatasinya supaya tidak ‘dipandang’ dan ‘digosipkan’ dengan cara tertentu,” pungkasnya.