Orang Indonesia Bisa Hidup Tanpa Uang Tunai [google]

Orang Indonesia Bisa Hidup Tanpa Uang Tunai

PinkKorset.com, Jakarta – Ternyata tanpa uang uang tunai masyarakat Indonesia masih dapat bertahap hidup selama satu hari.

Fakta ini tercermin dalam Visa Consumer Payment Attitudes Study (2017) yang menemukan delapan dari sepuluh masyarakat Indonesia menyatakan merasa percaya diri dapat hidup tanpa uang tunai selama 24 jam.

Studi yang dilakukan di tujuh negara ASEAN ini menunjukkan Indonesia siap go cashless selama satu hari penuh dengan nilai tertinggi (76%). Sementara posisi di bawahnya ditempati Filipina (69%), Singapura (68%), Vietnam (66%), Thailand (63%), Malaysia (61%) dan Myanmar (45%).

Hal ini selaras dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang mendorong konsumen Indonesia menggunakan pembayaran elektronik dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan uang tunai.

Hasil studi menunjukkan delapan dari sepuluh responden Indonesia menyatakan berbelanja secara online minimal sebulan sekali. Kemudahan berbelanja, membandingkan harga, beragam promo diskon dan sistem pembayaran aman menjadi alasan utama mereka berbelanja online.

President Director of PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman menjelaskan, masyarakat Indonesia semakin dekat dengan teknologi digital dan menginginkan belanja seketika dan aman, dimanapun serta kapanpun.

“Karenanya, Visa terus berkolaborasi dengan para klien dan merchant dalam mengadaptasi solusi pembayaran digital secara real-time dan aman dalam rangka merealisasikan masyarakat tanpa uang tunai di Indonesia,” ucapnya dalam pemaparan Visa Consumer Payment Attitudes Study di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Visa Consumer Payment Attitudes Study merupakan survei online yang melibatkan 4.160 responden laki-laki dan perempuan berumur 18-51 tahun (524 responden dari Indonesia) dengan penghasilan Rp3 juta ke atas di tujuh negara ASEAN (Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Myanmar, Vietnam dan Filipina) pada Juli-Agustus 2017.