Perempuan Rentan Alami Mata Kering [dreamstime]

Perempuan Rentan Alami Mata Kering

PinkKorset.com, Jakarta – Ternyata perempuan lebih rentan mengalami mata kering dibandingkan laki-laki.

Dokter Spesialis Mata RS Mata JEC, dr. Nina Asrini Noor, SpM mengatakan, perempuan lebih mudah terkena mata kering (dry eye) ketimbang laki-laki disebabkan masalah hormon.

“Hormon estrogen dan androgen yang turun saat pramenopause dan menopause mengganggu produksi air mata,” ujarnya saat peluncuran Pemeriksaan Mata Gratis RS Mata JEC di Jakarta, Sabtu (21/4/2018).

Risiko mata kering pada perempuan semakin meningkat ketika memasuki masa pascamenopause atau di atas umur 50 tahun. Adapun faktor risiko mata kering lainnya adalah faktor lingkungan seperti polusi, ruangan ber-AC, menatap layar televisi, komputer dan gawai terlalu lama.

Mata kering terjadi akibat kelainan multifaktor pada lapisan air mata (tear film). Lapisan ini terdiri atas tiga komponen antara lain, minyak (lipid), air (aqueous) dan lendir (mucin).

Pada mata orang sehat, produksi tear film berlangsung terus menerus. Setiap kedipan mata, air mata tersebar merata yang berfungsi menjaga permukaan mata tetap terlumasi sekaligus melindunginya dari benda asing, iritan dan mikroorganisme.

Gejala mata kering meliputi mata merah, mata mudah lelah dan pegal, gatal pada permukaan mata, rasa terbakar dan perih, mudah silau, sensitif terhadap cahaya dan penglihatan tidak fokus.

“Bila tidak ada gejala bukan berarti tidak mengalami mata kering,” katanya.

Penelitian RS Mata JEC menunjukkan, hanya 60% pasien mata kering yang mengalami keluhan, sedangkan kurang dari 40% pasien tidak bergejala. Bila Anda terpapar dengan faktor risiko mata kering sebaiknya melakukan deteksi dini. Apabila diabaikan berisiko mengalami penurunan kualitas hidup.

“Bisa ketergantungan obat tetes hingga kebutaan,” sambungnya.

Deteksi dini dilakukan beberapa prosedur antara lain kuesioner, Schirmer Test, Tear Break Up Time, Scular Surface Staining, Tearscope dan Meibography. Selain itu, pasien mata kering dapat melakukan perawatan komprehensif di dry Eye Service RS Mata JEC melalui layanan E-Eye Intense Pulse Light (IPL) Theraphy.