2014, China Bangun Terminal Satelit Terbesar Dunia

PinkKorset.com, Beijing – Bandar Udara Internasional Shanghai Pudong akan menjadi bandara dengan terminal satelit dunia terbesar.

Terminal satelit merupakan sebuah bangunan yang dihubungkan dari bangunan bandara lain, sehingga pesawat dapat parkir di sekitar jangkauannya. Proyek ini, diperkirakan akan berjalan selama empat tahun, dimulai pada 2014.

Presiden bandara Shanghai Pudong Li Derun mengatakan, terminal akan dibagi menjadi terminal S1 dan S2 dan terhubung ke selatan terminal T1 dan T2. Nantinya, terminal ini akan mampu menangani 30 juta penumpang dan 105 pesawat.

Saat ini, terminal yang memiliki 70 gerbang, dengan 28 gerbang di T1 dan 42 gerbang di T2, tidak lagi mampu melayani permintaan perjalanan udara di Shanghai.

Shanghai Airport Authority mengaku belum dapat memaparkan biaya konstruksi karena penawaran tender belum berlangsung. Demikian menurut Forbes, Sabtu (23/11/2013),

Bandara Pudong diharapkan untuk menangani 80 juta penumpang per tahun pada 2018. Pada 2010, Pudong melayani total 40,5 juta penumpang, menjadikannya tersibuk ketiga di China daratan dan ke-20 bandara tersibuk di dunia .

Adapun bandara pertama yang menggunakan terminal satelit adalah Gatwick London. Fasilitas ini menggunakan sebuah terowongan pejalan kaki bawah tanah untuk menghubungkan satelit dengan terminal utama.