5 Tanda Anda dan Sahabat Mulai Renggang

PinkKorset.com – Seperti bra yang sudah lama anda miliki, persahabatan berubah seiring berjalannya waktu. Mereka yang amat dekat pun bisa saja makin jauh, tanpa disadari.

Jika anda membuka lemari dan melihat koleksi bra, tampak yang paling lama dimiliki sudah berubah bentuknya. Demikian pula seorang sahabat. Perubahan terjadi tanpa disadari oleh salah satu atau bahkan keduanya.

Survei yang dilakukan terhadap 1.500 perempuan oleh pakar persahabatan, Dr. Irene S. Levine menyebutkan beberapa tanda perubahan itu. Ia menuliskannya dalam sebuah buku, Best Friend Forever: Surviving a Breakup with Your Best Friend. Apa saja?

Sering salah pengertian

Pembicaraan anda tak lagi mengalir seperti biasanya. Apa yang anda ucapkan, seringkali disalahartikan dan sebaliknya. Ia mengeluh tentang apa yang anda katakan berbulan-bulan lalu dan anda tak mengerti mengapa baru sekarang diungkit. Anda berdua jadi sering mengatakan hal-hal yang menyebalkan bagi satu sama lain.

Sulit membuat rencana

Tadinya melakukan banyak hal bersama, kini saat anda berdua membuat rencana, ada saja halangannya. Tiba-tiba si sahabat membatalkan rencana keluar bersama di detik-detik terakhir, beralasan tak ada yang menjaga anaknya. Dan ini bukan yang pertama. Janji untuk menjadwal ulang tak juga dibuktikan. Anda merasa khawatir jika melihat namanya muncul di caller ID ponsel.

Banyak diam

Baik di telepon maupun saat bersama, makin sulit menemukan persamaan. Tak lagi banyak hal yang bisa dibicarakan. Masing-masing merasa tak lagi berada di gelombang yang sama. Kapan hidup mulai menarik anda ke arah berbeda? Leluconnya tak lagi lucu, anda malah speechless dan tak bisa tertawa lepas. Apakah ia selalu membosankan seperti ini?

Perasaan tak tenang saat bersama

Kedekatan dan ketenangan saat bersama maupun di telepon terus berkurang. Setiap bertemu, ada ketegangan yang anda rasakan. Sebab, anda tak bisa jadi diri sendiri sebagaimana biasanya dan harus selalu menjaga kata-kata yang diucapkan.

Menurut Levine, kesalahpahaman bisa diluruskan. Di lain waktu, perlu ada batasan dan usaha demi persahabatan itu sendiri. Tapi seringkali, dua sahabat memang berubah dan berjalan menuju arah yang berbeda.

Terkadang sahabat baik sekalipun mencapai expiry date. Jika anda sudah merasa tidak nyaman, mungkin sudah saatnya mencari tahu dan memikirkan apa yang terjadi, serta bagaimana cara memperbaikinya. [ram]