8 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung [google]

8 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung

PinkKorset.com – Terkadang, rasa sakit di punggung bukan karena anda memiliki penyakit atau suatu kondisi. Tak jarang, penyebabnya adalah kebiasaan buruk anda.

Sekalipun anda sedang sehat dan segar bugar, beberapa rasa tak nyaman terjadi di sela aktivitas sehari-hari. Anda mungkin terkejut dengan beberapa penyebabnya, seperti berikut ini.

Tidur di kasur lama

Kasur atau matras awet hingga 8-10 tahun. Jika lebih dari satu dekade dan anda menggantinya, tulang punggung tak mendapatkan penopang seperti seharusnya. Gantilah kasur anda dengan yang tidak terlalu keras dan terlalu lembut. Sehingga mengikuti lekukan tulang punggung.

Membawa tas besar

Membawa tas besar di salah satu bahu membuat tulang punggung tak imbang. Gantilah dengan tas yang lebih ringan. Tas yang anda bawa sehari-hari sebaiknya tak mencapai 10% berat badan.

Mengenakan stiletto atau hak datar

Hak sepatu yang terlalu tinggi memaksa anda menegakkan tubuh lebih ke belakang, sehingga menekan persendian. Namun hak datar juga tak begitu baik, tergantung pada tipe kaki. Sandal tanpa penopang menyebabkan kaki anda bergerak dari satu sisi ke sisi lain, membuat distribusi berat badan tidak rata. Setiap orang memiliki tinggi hak sepatu ideal, carilah ukuran anda.

Mendendam

Periset di sebuah universitas pernah menyatakan, orang yang suka memaafkan lebih jarang merasa depresi, marah, rasa sakit berkurang, dan banyak lagi. Emosi, ketegangan otot, dan pikiran anda mempengarahi sinyal rasa sakit. Dendam tak hanya buruk bagi fisik, namun juga tak ada gunanya bagi kesehatan emosional anda.

Duduk seharian

Kabar buruk untuk anda yang memiliki desk job! Duduk seharian tak bagus untuk kesehatan, meski terlihat enak. Sebagian besar orang tidak duduk dengan postur yang maksimal, menyebabkan otot belakang melemah karena tidak aktif. Duduk juga lebih menekan tulang punggung ketimbang berdiri.

Stress

Tubuh juga ikut stress seiring dengan emosi anda. Termasuk, otot di leher dan punggung yang kontraksi dan meregang berulang kali. Jika terus menerus stres, otot-otot yang tegang itu tak dapat kesempatan untuk relaks. Sehingga menimbulkan rasa sakit.

Tidak Olah Raga

Olah raga membangun otot yang amat penting untuk menopang tulang punggung. Jika tak sering dilakukan, anda akan sering merasa kaku, otot melemah, dan degenerasi keping tulang punggung.

Banyak makan junk food

Tak mengejutkan jika konsumsi kalori tinggi dan rendah nutrisi bisa menyebabkan berat badan naik. Tubuh yang berat berarti beban bagi tulang punggung. Obesitas juga bisa menyebabkan osteoarthritis. Berat badan ideal bisa memperbaiki kesehatan punggung. [ram]