‘Afghan Girl’ Foto Ikonik Dunia Foto: National Geographic

‘Afghan Girl’ Foto Ikonik Dunia

PinkKorset.com – Majalah National Geographic (NatGeo) melambung akibat foto gadis Afghanistan tak bernama ini. Siapa dia?

Pada 1985 silam, Steve McCurry yang fotografer Natgeo bermaksud memotret sisi manusiawi dari perang Afghanistan-Uni Soviet. Ketika itu, banyak warga Afghanistan mengungsi ke Pakistan.

Seorang gadis yang kira-kira berusia 12 tahun menarik perhatian McCurry. Ia kehilangan kedua orangtuanya karena bom Soviet dan telah berada di Pakistan sejak tahun sebelumnya. Desanya diserang heli Soviet pada awal 1980-an.

Foto itu makin meningkat popularitasnya, menyebabkan McCurry memutuskan untuk melacak gadis itu. Tujuh belas tahun kemudian pada 2002, setelah menelusuri daerah konflik dan mengikuti ribuan petunjuk, usaha McCurry berbuah.

Gadis yang diperkirakan lahir pada 1972 itu telah menjadi seorang ibu dari tiga anak gadis. Ia kembali ke Afghanistan setelah menikah pada 1992. Namanya, Sharbat Gula atau sering disebut-sebut dunia sebagai Mona Lisa dari Afghanistan.

Atas izin suaminya, Gula ketika itu membuka kembali cadarnya untuk dipotret McCurry. Meski awalnya enggan, ia bersedia karena si fotografer berkata apa yang ia lakukan bisa menolong negaranya.

Pencarian McCurry juga didokumentasikan oleh NatGeo sebagai acara televisi bertajuk Search for the Afghan Girl yang ditayangkan pada Maret 2002. NatGeo kemudian mendirikan Afghan Girl Fund untuk membantu pendidikan perempuan Afghanistan.