Apakah Teman Anda Bisa Dipercaya? [matrixworldhr]

Apakah Teman Anda Bisa Dipercaya?

PinkKorset.com, Jakarta –  Pernahkan berpikir apakah teman Anda orang yang dapat dipercaya atau justru selalu ‘menusuk dari belakang’?

Tidak semua orang diberi karunia untuk bisa menilai orang lain dengan tepat. Selain membutuhkan kejelian, pengalaman dan keahlian khusus, terkadang justru orang lain itulah yang pandai berakting. Meski kerap berbicara buruk tentang Anda, Ia selalu menunjukkan sikap manis di depan Anda.

Teman seperti seharusnya Anda waspadai. Apalagi bila Anda ingin mempercayakan rahasia dan hal-hal bersifat pribadi lain padanya.  Untuk mengetahui, apakah teman Anda bisa dipercaya atau tidak, coba lakukan hal-hal di bawah ini.

Kenali Teman Anda

Cobalah untuk memahami teman Anda dan semua tingkah lakunya. Intinya, coba mengerti kebribadian dan kehidupannya. Kenali siapa dia, bagaimana sikapnya, perilakunya, masalahnya dan kesenangannya. Ketika melakukan hal ini, cobalah untuk tidak berada di sekitar dia terus menerus. Jangan juga memata-matainya, karena ini bukan serial detektif.

Waktunya menguji

Ketika sudah mengenalnya, kini saatnya menguji apakah teman Anda dapat dipercaya atau tidak. Ini adalah langkah yang gampang-gampang susah. Anda harus pandai membaca situasi dan bergerak gerilya. Pengujian ini pun dilakukan secara bertahap.

Pertama, cari orang lain, yang juga dipercaya teman Anda. Minta ia mengajukan beberapa pertanyaan tentang Anda kepadanya. Pertanyaaan terutama tentang hal-hal buruk tentang Anda. Sikap ia terhadap Anda bisa dilihat dari jawaban-jawaban yang diberikan.

Anda juga bisa memberi tahu dia sebuah informasi penting yang Anda klasifikasikan rahasia. Coba lihat, apakah informasi itu menyebar ke orang lain atau tidak. Anda lalu percayakan juga hal yang lebih besar,  dan perhatikan sikapnya.

Saatnya memilih

Setelah mengetahui kebenaran dan ternyata teman Anda kurang dapat dipercaya, inilah saatnya memutuskan apakah ingin melanjutkan pertemanan Anda atau tidak. Bila iya, Anda sebaiknya  berbicara dengan teman Anda tentang apa yang terjadi. Katakan kepadanya tentang perasaan Anda dan bahwa tingkah lakunya telah menyakiti Anda.

Bila ada peluang untuk perbaikan, pertemanan Anda akan memulai babak baru. Ciptakan waktu untuk lebih menghangatkan hubungan Anda.  Namun, bila sudah tidak dapat diselamatkan lagi, sebaiknya menjauh darinya. Anda tidak ingin semua rahasia dan masalah pribadi Anda jadi novel kan?