Belanja Banyak? No Problem! Foto: berbagai sumber

Belanja Banyak? No Problem!

PinkKorset.com, Jakata – Mendekati akhir tahun, periode midnight sale akan segera menjamur, musim diskon besar-besaran pun akan segera dimulai. Siapkah Anda?

Jika Anda seorang penggila belanja atau shopaholic, tentu Anda tidak akan melewatkan kesempatan ini. Melihat gerai-gerai toko menawarkan berbagai merek terkenal dengan harga miring, tentu godaan yang sulit dihindari. Tak sadar, tangan pun dengan kantong belanjaan.

Wajar rasanya bila berbelanja di tengah periode ‘turun harga’. Apalagi Anda hanya perlu membayar lebih sedikit untuk mendapat barang lebih banyak. Namun, belanja banyak tidak melulu didominasi oleh mereka yang bergaji dobel digit. Anda pun bisa.

Untuk memaksimalkan aktivitas memanjakan diri pada musim diskon ini, berikut beberapa strateginya:

Bersabarlah 

Tahan pengeluaran Anda hingga musim diskon akhir tahun tiba. Jika Anda seorang shopaholic dan merupakan salah satu yang impulsif, jangan ke mal atau pusat perbelanjaan sama sekali. Kendati Anda hanya sekadar makan siang atau nge-cafe di mal, godaan belanja di ‘toko sebelah’ pasti sulit diatasi.

Buat Dua Rekening Bank 

Setiap kali Anda mendapatkan gaji, bagi dalam rekening terpisah. Khususkan satu rekening untuk tagihan dan kebutuhan Anda dan yang lainnya untuk belanja. Jangan sentuh rekening belanja ini sampai hari belanja Anda tiba.

Hindari Belanja Impulsif 

Jangan membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan saat ini. Mengerem belanja barang-barang yang diinginkan, akan membantu Anda menabung untuk sesuatu yang benar-benar Anda inginkan.

Catat Pengeluaran Anda 

Apakah Anda termasuk orang-orang yang bangkrut pada akhir bulan ? Coba Anda telusuri pengeluaran Anda. Buat catatan untuk menuliskan pengeluaran Anda setiap kali membeli sesuatu. Analisis setiap minggu dan coba untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

Mulailah Menabung

Diskon  terbesar biasanya terjadi pada Desember dan Juni. Karena Anda sudah tahu kapan musim diskon dimulai, mulailah menabung setidaknya satu bulan sebelumnya. Sehingga, jika Anda ingin berbelanja banyak pada musim diskon, mulai menabung dari sekarang.