Brr! Ini Tempat Terdingin di Dunia Foto: Daily Mail

Brr! Ini Tempat Terdingin di Dunia

PinkKorset.com – Tempat terdingin di dunia ini mungkin sama atau bahkan mengalahkan dinginnya bagian freezer di lemari es anda.

Para ilmuwan menemukan tempat terdingin dunia. Yakni sebuah titik di pegunungan Antartika yang suhunya mencapai minus 90 derajat Celsius. Suhu itu bisa membekukan mata, hidung, dan paru-paru manusia dalam hitungan menit.

Suhu tersebut hampir 13 derajat di bawah titik ketika karbon dioksida (CO2) berubah dari gas menjadi es kering, yakni minus 78,5 derajat Celsius. Pengukuran ini, seperti diberitakan Sunday Times, dilakukan dengan satelit.

Pegunungan yang dimaksud di Antartika (Kutub Selatan) ini adalah titik di ketinggian lebih dari 12.400 kaki di atas permukaan laut, di atas sebuah gunung bernama Dome Fuji.

Awal tahun ini, sebuah desa di Rusia, Oymyakin disebut sebagai tempat terdingin di seluruh dunia yang dihuni manusia. Pada Januari 2013, tempat dengan suhu dingin permanen ini bersuhu minus 50 derajat Celsius.

Tempat yang juga dijuluki ‘Pole of Cold’ ini pernah mencatat rekor terdingin pada minus 71,2 derajat Celsius. Terdapat sekitar lima ratus orang menghuni tempat yang hanya memiliki satu toko untuk memenuhi kebutuhan seluruh warga.