Cara Aman Hindari Pembobol Password Foto: Google

Cara Aman Hindari Pembobol Password

PinkKorset.com, Jakarta – Banyaknya laporan pembobolan password di berbagai media sosial dan akun internet memang meresahkan. Lalu bagaimana caranya agar aman?

Teknologi yang canggih membuat para peretas juga tak kalah canggihnya untuk selalu mencari cara membobol akun-akun di internet. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar tetap aman dari ulah jahil para hacker password.

Lindungi Identitas Akun

Jangan malas membuat password yang rumit. Kata kunci standar sangat beresiko karena orang lain bisa dengan mudah menebaknya. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan pikirkan sesuatu yang identik dengan diri anda. Misal nama kucing kesayangan yang ditambah beberapa angka yang berkesan. Pastikan hanya anda sendiri yang mengerti password tersebut. Jangan pernah pula gunakan password yang sama untuk semua akun internet. Tak perlu repot, tinggal modifikasi kata kunci anda.

Perhatikan dan baca dengan seksama petunjuk saat melakukan registrasi atau signing up, menginstall sesuatu atau persetujuan apapun yang diminta saat mengunduh (download) atau membuka suatu laman internet. Bila ada petunjuk yang mencurigakan, sebaiknya jangan diteruskan.

Jangan berikan identitas asli anda kepada orang yang sedang online di internet. Terutama ketika sedang di dalam chatroom atau ketika melakukan perjanjian untuk bertemu dengan orang asing yang dikenal via chatting. Rahasiakan nama asli, alamat rumah, nomor telepon serta identitas lain yang sifatnya sangat pribadi dan berbahaya jika disalahgunakan orang lain.

Waspada terhadap penipuan yang dikirim ke akun anda. Hati-hati jika mendapat email konfirmasi yang menanyakan ID dan password anda dari akun-akun besar seperti eBay, Paypal, Gmail, Yahoo dan lainnya. Sebaiknya teruskan (forward) email tersebut ke perusahaan yang mengirimnya. Perusahaan atau akun sosial akan mengkonfirmasi apakah email tersebut palsu atau tidak.

Lindungi Jaringan Koneksi Internet

Gunakan program anti-virus program, anti-spyware, dan firewall. Anda akan terbantu dalam memaksimalkan usaha melindungi akun-akun internet dari perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab. Usahakan tidak menggunakan dua firewall sekaligus karena mengganggu program-program tersebut.

Saat menggunakan jaringan wireless umum, pastikan anda mematikan pilihan untuk bisa berbagi file secara bebas. Jika tidak, file dan system anda bisa dibuka oleh seseorang yang sedang berada di dalam jaringan wireless yang sama. Misalnya untuk sistem operasi Windows, lakukan langkah-langkah berikut ini: Buka control panel > Network and internet > Network and Sharing centre. Di Mac OS X: masuk ke System Preference, kemudian pilih Sharing.

Selalu periksa keamanan informasi anda dalam melakukan transaksi. Perusahaan yang bagus selalu memiliki perangkat keamanan. Anda bisa melihat apakah ada tanda kunci berwarna emas untuk memastikan halaman tersebut memiliki sistem keamanan.

Konfigurasikan laman internet untuk menyaring atau memblok halaman yang dianggap tidak pantas, terutama jika anda mempunyai anak.

Saat Unduh

Pilih halaman yang memang resmi dan terpercaya. Jangan pernah membuka lampiran atau tautan (link) di dalam email anda yang berasal dari orang tidak dikenal.