Cara Berbahagia di Tempat Kerja Foto: PapodeEmpreendedor

Cara Berbahagia di Tempat Kerja

PinkKorset.com, Jakarta –  Masa bersantai di akhir pekan sudah berakhir. Namun, mengapa mengawali kerja di pagi hari terasa sebagai beban?

Bila Anda merasa sangat malas berangkat kerja atau akhir pekan seakan datang sangat lambat, Anda mungkin tidak bahagia dengan pekerjaan saat ini. Beberapa langkah sederhana ini mampu membuat jam kerja Anda cukup layak untuk sebuah bangun pagi.

 

1 Bangun satu jam sebelum Anda berangkat kerja. Nikmati waktu pribadi sejenak, sebelum masuk dalam rutinitas kesibukan Anda.

2 Rencanakan hari sebelumnya. Periksa buku catatan Anda untuk daftar kegiatan sehari sebelumnya, sehingga tidak ada kejutan menunggu ketika Anda mulai bekerja.

3 Awali hari dengan mandi air hangat dan sabun beraroma segar. Air hangat berfungsi melemaskan otot, merangsang sirkulasi dan melancarkan peredaran darah. Pagi Anda pun akan terasa lebih segar.

4 Perhatikan penampilan. Ketika Anda meninggalkan rumah terlihat rapi, cantik dan menawan, ini berarti Anda telah memilih hal baik untuk mengawali hari.

5 Tiba sepuluh menit lebih awal. Terburu-buru dan terlambat adalah permulaan buruk yang akan mengurangi kesempatan Anda untuk mengalami hari baik dan merasa bahagia di tempat kerja.

6 Sapa semua rekan Anda. Biasakan untuk menyapa setiap orang yang Anda temui, dari office boy hingga bos.

7 Tersenyum pada setiap orang yang Anda sapa. Yakinlah 98% dari senyum Anda akan dikembalikan.

8 Hindari semua orang negatif. Rekan-rekan yang kerap bergosip dan mengeluh tentang pekerjaan atau masalah pribadi, akan menyeret mood Anda dan segera membuat tempat kerja Anda tidak menyenangkan.

9 . Tidak terlibat dalam geng tertentu. Sangat penting untuk menghindari geng teman kerja dan manajemen. Aura negatif yang muncul dapat menguras energi Anda dan menghalangi kebahagiaan serta pikiran positif.

10 Gunakan etika dalam rapat. Jangan berbicara pada rapat staf, kecuali yang Anda katakan adalah positif, atau menawarkan saran atau solusi untuk masalah dan problem yang sedang dibahas. Sikap disiplin dan menghargai peraturan membuat Anda lebih konsentrasi dan bekerja lebih baik.

11 Jaga ruang kerja Anda tetap rapi. Atur semua kegiatan Anda dalam kategori dan tenggat waktu yang jelas, seperti “Harus selesai hari ini”, “Selesai minggu depan”, dan lainnya. Memilah-milah tugas, dapat mengurangi stres, sehingga Anda lebih bahagia di tempat kerja.

12 Jangan buang waktu membaca junk mail. Pisahkan email pribadi dan kantor. Pindahkan junk mail dari email Anda dan hapus semua jokes dan pesan konyol dari teman. Membuang waktu berharga di tempat kerja hanya akan meningkatkan stres dan merampas kebahagiaan Anda.

13 Perlakukan email Anda secara sistematis. Balas langsung pertanyaan koresponden yang mengajukan pertanyaan singkat, fax kembali sesegera mungkin. Lalu kategorikan sisanya dalam “Penting: direspon akhir pekan” dan seterusnya. Ingat bahwa setiap pekerjaan yang tuntas dan tidak tertunda membawa rasa puas dan prestasi yang mengarah pada rasa bahagia di tempat kerja.

14 Jangan melanggar kebijakan perusahaan. Jangan “mencuri” waktu atau aset perusahaan meskipun tampak tidak signifikan. Rasa bersalah atau takut ketahuan, menghalangi rasa bahagia di tempat kerja.

15 Bangga dengan hasil akhir. Ini mengacu pada tugas besar atau kecil dari faks hingga laporan. Dokumen sebaiknya disampaikan secara profesional. Pujian dan pengakuan dari rekan kerja bahkan manajemen, dipastikan akan menumbuhkan rasa bangga.

16 Perlakukan klien Anda dengan hormat. Bantu mereka semaksimal yang Anda bisa. Biasanya mereka memberi feed back dalam berbagai bentuk. Setiap orang suka merasa berguna dan senang ketika orang mengucapkan terima kasih untuk hal sederhana yang memang merupakan pekerjaannya atau lebih besar dari itu.

17 Perhatikan bahasa tubuh Anda. Ketika Anda berbicara dengan rekan kerja atau klien, jangan liipat kedua lengan Anda di depan dada. Selain akan mengirim sinyal salah, secara tidak sadar Anda juga memblokir kemampuan Anda untuk berkomunikasi secara terbuka. Hal ini pun akan menghambat kebahagiaan Anda.

18 Manfaatkan setiap hari kerja. Bahkan jika Anda sedang mencari pekerjaan lain dan tinggal menunggu waktu yang tepat, ingatlah bahwa bos Anda harus menulis surat referensi atau testimonial untuk Anda. Jika Anda seorang karyawan yang berbahagia, berkomitmen dan berkualitas, kemungkinan besar, referensi akan menjadi positif dan menguntungkan untuk pekerjaan baru Anda.