Cara Menumbuhkan Rambut Cepat dan Sehat Foto:healthmeup

Cara Menumbuhkan Rambut Cepat dan Sehat

PinkKorset.com, Jakarta –  Rambut yang dipercepat pertumbuhannya, biasanya mengalami masalah. Tidak hanya kerusakan pada batang rambut, namun juga akar rambut dan kulit kepala.

Ya. Memiliki mahkota yang sehat dan indah adalah penting. Terutama karena rambut rontok, kering, rapuh dan patah berdampak negatif secara psikologis dan  mempengaruhi keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Lalu, apa rahasia memiliki rambut yang tumbuh subur dan mengkilap dengan cepat?

Berikut  metode alami dan medis untuk membantu Anda menumbuhkan tumbuh rambut dengan cepat dan sehat.

Kekuatan Protein

Keratin secara alami ada dalam rambut dan bertanggung jawab untuk memberikan kemilau. Namun, pertambahan usia, diet dan gaya hidup yang tidak sehat, dapat menguras keratin rambut kita, sehingga kering dan kasar. Jadi tubuh Anda membutuhkan protein untuk menumbuhkan rambut baru. Masukkan ayam, telur, ikan, kacang-kacangan, biji-bijan, dan kedelai dalam menu diet, jika Anda ingin rambut tumbuh cepat.

Konsumsi Zat Besi dan Seng

Rendahnya zat besi dan seng dalam tubuh dapat mengakibatkan rambut rontok atau rapuh.  Anda bisa mengonsumsi makanan seperti jerohan, daging merah, kerang, ayam dan ikan. Sementara bila Anda vegetarian, kedelai, lentil, minyak dari biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan kering dan millet (kelompok serealia dengan bulir kecil) .

Lemak Baik

Kebanyakan perempuan khawatir tentang efek samping lemak terhadap berat badan, sehingga mereka cenderung menghindari mengkonsumsi lemak. Namun, rambut membutuhkan lemak karena mengandung vitamin pertumbuhan rambut seperti Vitamin A , D , E , K dan asam lemak omega 3. Lemak ini terdapat dalam biji rami, biji chia, salmon, minyak ikan, kenari, kedelai, telur, minyak canola dan bayam dalam diet Anda.

Vitamin

Vitamin dan mineral tertentu membantu meningkatkan kecepatan pertumbuhan rambut. Masukkan vitamin A , vitamin B , vitamin C dan vitamin E dalam diet Anda karena mereka mempercepat proses pertumbuhan rambut. Sumber terbaik vitamin ini adalah jeruk, brokoli, paprika, kentang, gandum, pisang, jeruk, nanas, buncis dll. Jangan lupa sertakan vitamin B1 , B6 dan B12 sebagai bagian dari diet harian.

Hindari Stres

Semua upaya Anda akan gagal, jika Anda tidak bisa mengatasi stres. Terlalu sering menggunakan suplemen diet, obat-obatan atau tekanan fisik serta emosional dapat menghambat pertumbuhan rambut .

Rambut Rontok Karena Pengobatan

Banyak obat-obatan seperti pengontrol kehamilan, pil antidepresi, obat tekanan darah, obat arthritis dan berbagai obat lain yag dapat menyebabkan rambut menipis atau rontok. Selalu berkonsultasi dengan dokter ketika memulai obat untuk mengetahui semua jenis efek samping, terutama rambut rontok.

Periksa Infeksi Kulit Kepala

Kadang-kadang infeksi kulit kepala dapat menghentikan pertumbuhan rambut. Infeksi jamur seperti kurap, dapat menghambat pertumbuhan rambut. Untuk ini, perlu mengidentifikasi masalah dan mengobatinya dengan obat antijamur .

Perubahan Hormonal

Perubahan hormon seperti kehamilan, menopause, penggunaan pil KB, masalah tiroid dan kadar testosteron yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok dan menipis. Pertumbuhan rambut akan melambat seiring pertambahan usia. Dalam kasus seperti itu, sangat penting beralih ke gaya hidup sehat dan makanan bergizi untuk menghindari rambut rontok.

Hindari Penataan Rambut Berlebih

Yang dimaksud disini, adalah penataan rambut yang terlalu sering dan pemakaian berlebihan untuk serum, rol, pengering, bahan kimia, warna dan teknik meluruskan rambut, dapat menyebabkan perlambatan atau penghentian pertumbuhan rambut karena akar rambut telah rusak secara permanen. Jadi tata gaya rambut dengan cara yang lebih sederhana.

Hindari juga menyikat rambut Anda lebih dari sekali sehari dan menghindari penggunaan karet gelang.