Cara Sederhana Menyembuhkan Pilek Foto: Google

Cara Sederhana Menyembuhkan Pilek

PinkKorset.com, Jakarta – Pada musim pancaroba, penyakit seperti pilek sangat mudah menyerang. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun mudah tertular jika kondisi badan menurun.

Bila pilek mulai datang, tidak perlu langsung menelan banyak obat serta antibiotik. Cukup lakukan beberapa langkah sederhana ini, dan pilek akan segera lenyap.

Beristirahat

Pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bersifat mudah menular.  Bila Anda terserang pilek, alangkah baiknya bila beristirahat dulu di rumah. Selain bisa mempercepat proses penyembuhan, juga mencegah penularan ke orang lain.

Tidur yang cukup

Berada di rumah, jangan digunakan untuk melakukan pekerjaan kantor atau beraktivitas berat seperti berbenah. Perbanyak waktu untuk tidur atau bersantai. Beri kesempatan istirahat kepada tubuh untuk mendapat tenaga baru dan memerangi pilek. Anda bisa menonton film favorit atau sekadar memutar musik yang menenangkan pikiran.

Perbanyak minum air putih

Untuk meluruhkan virus dari tubuh, minum air putih hangat sangat disarankan. Untuk orang dewasa, dapat minum 10 gelas per hari. Sedangkan anak-anak sekitar lima gelas. Anda juga bisa menyelingi dengan minum sari buah. Buah-buahan ini akan memperkuat daya tahan tubuh.

Konsumsi makanan bergizi

Disarankan untuk tidak makan terlalu banyak. Lebih baik makan buah-buahan dan sayur yang memiliki vitamin tinggi. Makanan yang banyak mengandung gula seperti cokelat, kue, es krim juga sebaiknya dihindari karena kadar gula berlebih akan menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Menghirup uap panas

Menghirup uap panas sangat membantu melonggarkan saluran hidung yang tersumbat. . Tempatkan air panas pada suatu wadah, dekatkan muka anda pada wadah tersebut dan hiruplah uapnya. Anda bisa melakukan ritual ini sehari dua kali.

Kumur dengan larutan garam

Buat larutan garam dari ½ sendok teh garam dan segelas air hangat.  Bila pilek mulai menimbulkan rasa kurang nyaman di tenggorokan, berkumurlah agak lama dengan larutan garam tiga kali sehari.

Rendam kaki dengan air hangat

Jika pilek diawali dengan gejala sakit kepala, hidung akan mengeluarkan cairan. Untuk mencegah terjadinya demam, rendam kaki dalam air hangat, sehari dua kali. Hal ini bisa melancarkan aliran darah ke kepala sehingga sakit kepala akan berkurang.